Dampak dan Cara Memanfaatkan Globalisasi

Dampak dan Cara Memanfaatkan Globalisasi

Saat ini zaman telah berubah. Teknologi dimana – mana dan sangat mudah untuk didapatkan. 

Hampir setiap orang di seluruh dunia menggunakan berbagai macam teknologi. Mulai dari gadget, hingga internet dan tekologi canggih lainnya. 

Semua informasi yang beredar di media – media masa sangat mudah untuk kita dapatkan dengan cepat. 

Cukup dengan duduk di kursi dengan santai semua informasi atau berita yang kita inginkan bisa langsung kita dapatkan dalam waktu singkat.

Globalisasi saat ini memiliki dampak yang luar biasa, seluruh lapisan elemen masyarakat terbawa dampak dari peristiwa atau kejadian globalisasi tersebut. 

Anak kecil yang dahulu lebih senang untuk bermain dengan teman – temannya di luar rumah, seperti bermain layang – layan, gundu, petak umpet, dan lain sebagainya, kini mereka lebih memilih untuk bermain dengan gadgetnya di rumah atau menonton tv dengan tontonan yang kurang mendidik. 

Baca Juga : Cara Menghemat Daya Baterai HandPhone Android yang Baik dan Benar

Hal itulah yang menyebabkan generasi muda penerus bangsa menjadi sulit untuk mengatasi masalah – masalah yang setiap kali selalu muncul permasalahan baru di negeri ini. 

Hal itu juga yang menjadi penghambat untuk berkomunikasi dengan orang – orang luar di sekitar kita. Padahal generasi penerus sangatlah dibutuhkan untuk keberlangsungan hidup serta untuk mencapai kesuksesan dan kemajuan negeri ini di masa depan.

Pemuda – pemuda saat ini pun sama halnya dengan anak – anak kecil itu, mereka lebih mementingkan gaya – gaya orang barat di bandingnkan menjaga kebudayaan bangsa Indonesia. 

Para pemuda yang seharusnya menyiapkan dirinya untuk melanjutkan estafet kepemimpinan bangsa ini, kini sebagian besar dari mereka tidak memedulikan hal itu, atau bahkan menghindarinya, mereka menganggap bahwa kehidupan masa muda harus di manfaatkan dengan cara bersenang – senang dan begitu seterusnya. 

Mereka membuang – buang waktu mereka untuk hal – hal tidak penting, bahkan seringkali menghabiskan uang yang mereka miliki tanpa memikirkan dari mana mereka mendapatkan uang tersebut, dan betapa sulitnya untuk mendapatkan uang halal, dan berkah. 

Padahal perbuatan itu sama sekali tidak bermanfaat, dan menjauhkan mereka dari keluarga, kerabat dekat, dan teman – teman yang sebetulnya peduli kepada mereka.

Masalah – masalah yang menimpa Negara Indonesia saat ini, selain dipengaruhi oleh kuatnya arus globalisasi, masalah itu juga datang dari sebagian orang –orang yang sudah berpikir dewasa yang tidak memedulikan masa depan anak cucunya nanti. 

Bahkan sebagian lagi mengajak atau membiarkan anak – anaknya untuk berperilaku sesuai kesenangan dan kehendak mereka, dengan alasan “namanya juga anak muda, biarkan mereka menikmati masa – masa mudanya”. 

Baca Juga : Cara Menghemat Daya Baterai HandPhone Android yang Baik dan Benar

Hal seperti ini semakin menjauhkan generasi muda bangsa Indonesia untuk mencapai kesuksesan di masa depannya. 

Di tambah lagi media – media yang terkadang memberitakan hal – hal negatif, seperti gosip, sinetron – sinetron, hingga acara – acara yang tidak mendidik lainnya. 

Belum lagi ada sebagian media yang memutarbalikkan berita atau fakta sebenarnya.

Sedikit sekali orang – orang yang sadar akan hal ini!!

Sebagian mungkin menyadari hal itu, namun tidak melakukan perbuatan apapun untuk merubah kerusakan yang terjadi di negeri ini. 

Para pemegang kekuasaan tidak memikirkan rakyatnya yang serba kekurangan dan selalu kelaparan. 

Mereka hanya mementingkan kelompok mereka sendiri tanpa memikirkan dampak negatif yang akan terjadi kedepannya.

Di sinilah peran para pemuda dibutuhkan. Para pemuda masih memiliki segala hal untuk melalukan suatu gebrakan perubahan. 

Fisik, mental, pikiran, hingga jiwa dan raga para pemuda masih sangat mampu untuk melakukan segala hal yang bernilai positif, dan tentunya untuk memperbaiki kerusakan di negeri ini. 

Banyak cara untuk melakukan sebuah perubahan, seperti dengan menulis, memubat video – video bermanfaat, hingga menciptakan musik atau alat – alat yang bernilai positif untuk kesuksesan bangsa dan negara di masa yang akan datang. 

Baca Juga : Cara Menghemat Daya Baterai HandPhone Android yang Baik dan Benar

Indonesia sangat membutuhkan orang – orang kreatif dan peduli kepada masa depan bangsa supaya negara ini selalu terjaga kebudayaanya, keramahannya, hingga persatuannya. 

Terlebih lagi untuk menjadikan Indonesia sebagai negara maju dan terus berkembang dari segi ekonomi, sosial, pendidikan dan budaya.

Jangan sia – siakan teknologi yang sudah tersedia. Manfaatkanlah masa mudamu dengan kegiatan – kegiatan positif lainnya, hingga kita bisa berguna bagi kesuksesan dan kemajuan bangsa Indonesia.
Buka Komentar
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

19 komentar

artikelnya bagus. makasih infonya min

Balas

yang penting mah kita bisa ikuti alur globalisasi gak cuman diem nunggu kejaiban haha

Balas

dampak globalisasi memang sangat sulit untuk bersaing ya gan

Balas

ini pelajaran waktu sekolah saya hehehe

Balas

jadi ingat masa kecil sama temen2 sd :'/

Balas

bener banget ini gan sebagai pembelajaran lagi buat saya

Balas

bener sekali gan hehehe

Balas

anak2 skarang bnyak berubah

Balas

bnyak yg berubah anak2 skarang

Balas

kita harus beradaptasi dengan globalisasi dan cinta negeri sendiri

Balas

Kalau era sekarang mah menguntungkan utk para blogger :p

Balas

thanks infonya gan

Balas

ingat mapel sekolah aja inima hehehe

Balas

Ini bagus gan.. terutama bagian kalimat penutup agan. Itu pesan moral yang bagus

Balas

bermanfaat sekali, nice info min

Balas
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.