Pahlawan Kemerdekaan

Pahlawan Kemerdekaan

10 November merupakan tanggal di mana kita memperingati hari pahlawan di seluruh Indonesia. Pada tanggal itu terjadi sebuah insiden luar biasa yang tidak bias dilupakan oleh seluruh masyarakat Indonesia, khususnya mereka yang berada di daerah Surabaya. Karena padas aat itu peperangan sengit terjadi di daerah Surabaya. Setelah ultimatum yang diperintahkan oleh pemerintah Belanda, supaya masyarakat Indonesia yang berada di daerah itu agar segera meninggalkanya dengan batas waktu yang telah ditentukan. 

Namun, karena kecintaan masyarakat Indonesia kepada tanah air sangat kuat, para pahlawan mulai dari santri hingga para ulama dan masyarakat dengan penuh kegigihan melawan perintah itu. Dan yang lebih menarik lagi yaitu ketika Jendral Belanda mati di bom. Ia merupakan satu – satunya Jendral yang tewas di perang duniake – 2, ia adalah WS Mallaby. Sesuatu kebanggaan bagi bangsa Indonesia karena telah berhasil membunuh seorang Jendral dalam peperangan sengit tersebut.

Pejuangan para pahlawan tidak boleh kita remehkan. Karena mereka berjuang dengan keras dan penuh kegigihan, mengorbankan jiwadan raga serta harta mereka untuk mencapai kemerdekaan Bangsa Indonesia. Mereka menggunakan senjata apa adanya untuk melawan mereka. Dan itu sangat berbanding terbalik dengan mereka yang memiliki peralatan perang canggih, seperti pesawat perang, tank, hingga kapal perang. Namun, karena keteguhan di tambah dengan kesabaran para pahlawan, semangat mereka terus berkobar tanpa memerdulikan lawan mereka yang memilliki kekuatan perang dan kencanggihan luar biasa.

Lebih dari itu semua, masyarakat yang memiliki tekad kuat untuk melawan para penjajah juga semakin termotivasi dengan adanya dorongan semangat dari orasi – orasi para pahlawan. Sebut saja bung Tomo, ia merupakan satu dari sekian banyak orator – orator Indonesia yang memiliki pengaruh besar dalam kemenangan Indonesia dalam pertarungan di Surabaya.



Salah satu tokoh paling berpengaruh lainya ialah Soekarno. Setelah memproklamasikan kemerdekaan bangsa Indonesia, Negara ini masih menjadi sasaran perang oleh negara – Negara barat, seperti belanda. Namun, Soekarno yang kala itu menjadi orang nomor satu di Indonesia tak pernah berhenti memberikan semangat dan orasinya demi mengusir para penjajah. Sempat beberapa kali keluar masuk penjara, Soekarno tetap tegar dan memiliki keyakinan kuat untuk membebaskan bangsa Indonesia dari tangan para penjajah. Beberapa orasinya yang paling membakar semangat rakyat Indonesia untuk melawan para pejuang di antaranya adalah:

“Tiada lagi senjata yang lebih baik dari jiwa, dan apabila sadar dan bangkit membakar hati rakyat, lebih kuat dari seribu bedil, seribu meriam, seribu serdadu dan senjata lengkap” katanya dengan lantang

“Beri aku seribu orang, dan dengan mereka aku akan menggerakkan Gunung Semeru! Beri aku sepuluh pemuda yang membara cintanya kepada Tanah Air, dan aku akan mengguncang dunia!”

Dan masih banyak lagi orasi – orasi yang luar biasa dan membakar semangat bagi siapapun pendengarnya. Namun, mampu menjadikan para lawan gentar dan takut menghadapi bangsa Indonesia. Tidak berlebihan jika dahulu Soekarno memiliki julukan Singa Podium. Dan Indonesia pada saat itu juga di juluki sebagai Macan Asia.

Tak pernah hilang jasa mereka, tak pernah mati mereka yang telah berjuang untuk kemerdekaan bangsa Indonesia. Saat ini para pahlawan sedang memperhatikan semua orang di Indonesia, dari anak – anak, para pemuda, hingga pemimpin – pemimpin bangsa ini. 

Mereka ingin melihat hasil dari perjuangan keras mereka melawan para penjajah, mereka ingin melihat kesuksesan bangsa Indonesia di masa mendatang setelah jerih payah mereka dengan penuh rasa sakit mempertahankan kejayaan serta membebaskan bangsa Indonesia dari penjajahan. Tak adalagi yang diharapkan oleh para pahlawan itu selain melihat kejayaan dan kesuksesan bangsa Indonesia sepeningga mereka.

Para pemuda yang diharapkan oleh para pahlawan adalah mereka yang giat dalam belajar dan siap untuk membangun kejayaan bumi pertiwi, serta mengharumkan nama baik bangsa Indonesia di mata dunia. Baik saat ini, esok hari, hingga masa depan. Para pahlawan berharap bahwa pemegang pemerintahan bangsa Indonesia akan di pimpin oleh para pemimpin – pemimpin amanah, cerdas, dan mampu menjadi contoh bagi seluruh rakyat Indonesia

Buka Komentar
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

11 komentar

Bagus banget artikelnya jadi menambah wawasan :D

Balas

Nice info bang !!!
Makasih lumayan ...

Balas

merdakaaa, semangat gan bagus artikelnya

Balas

Nice Artikel ( Good ) Jangan lupa ya gan update lagi artikel sejarah.

Balas

Bantu share :D, admin jga harus tetep semangat 45 update artikel lgi

Balas

Sebelum di publish fontnya di samakan dulu

Balas

Sekarang mah udah merdeka pada lupa diri dan asyik dengan diri sendiri. Nasionalisme udah pudar kayaknya.

Balas

Berikan aku sepuluh pemuda maka akan aku guncangkan dunia-pemuda-Soekarno
masa depan Indonesia bergantung pada para pemudanya gan, semangat

Balas