Gunung Tertinggi Di Indonesia

Gunung Tertinggi Di Indonesia

Keindahan alam di Indonesia sangatlah melimpah, jadi tak heran jika Negara kita seringkali dikatakan sebagai Surga Dunia. Selain hamparan lautnya yang luas nan indah.

Indonesia juga memiliki beraneka ragam wisata yang membuat hati kita senantiasa memikirkan kehebatan Sang Maha Kuasa. 

Salah satunya ialah Gunung, Indonesia dilewati oleh 2 sirkum pegunungan berapi yaitu sirkum mediterania dan sirkum pasifik. 

Indonesia juga terletak di pertemuan 3 lempeng bumi, yaitu lempeng, Pasifik, Eurasia, dan Indo-Australia. Faktor tersebut yang menyebabkan terbentuknya banyak gunung di Indonesia dan masih banyak yang aktif sampai saat ini.

Gunung adalah gundukan tanah yang sangat besar dan tinggi (lebih besar dan lebih tinggi dari bukit), yang biasanya digolongkan sebagai gunung adalah gundukan tanah atau bukit dengan ketinggian diatas 600 meter dari permukaan laut. 

Indonesia yang merupakan Negara kepulauan terbesar di Dunia ini tentunya memiliki banyak sekali gunung-gunung tinggi yang tersebar dari pulau Sumatera, pulau Jawa, pulau Kalimantan, pulau Sulawesi hingga pulau Papua.



Diantara Gunung-gunung yang terdapat di Indonesia, Nama Gunung Tertinggi Di Indonesia adalah Puncak Jaya yang terletak di Pulau Papua dengan ketinggian mencapai 4.884 meter dari permukaan laut. 

Puncak Jaya juga merupakan Gunung Tertinggi di Benua Osenia dan termasuk salah satu dari 7 Puncak Dunia (Seven Summits). 

Sedangkan, Gunung Tertinggi kedua di Indonesia adalah Puncak Mandala yang juga terletak di Pulau Papua dengan ketinggian 4.760 meter. 

Berikut ini adalah Urutan Gunung Tertinggi di Indonesia beserta ketinggiannya  dan lokasi gunung yang bersangkutan.

1. Puncak Jaya
Ketinggian : 4.884 meter
Pulau : Papua
Provinsi : Papua
Sebutan lain : Cartensz Pyramid
Penakluk Pertama : Anton Colijn, Jean Jacques Dozy dan Frits Wissel (Tahun 1936)

2. Puncak Mandala
Ketinggian : 4.760 meter
Pulau : Papua
Provinsi : Papua
Penakluk Pertama : Herman Verstappen, Arthur Escher, Max Tissing, Jan de Wijn dan Piet ter Laa (Tahun 1959)

3. Puncak Trikora
Ketinggian : 4.750 meter
Pulau : Papua
Provinsi : Papua
Sebutan lain : Wilhelmina Peak (digunakan hingga 1963)
Penakluk Pertama : Franssen Herderschee, Hubrecht and Versteeg (Tahun 1913)

4. Ngga Pilimsit
Ketinggian : 4.717 meter
Pulau : Papua
Provinsi : Papua
Sebutan lain : Mount Idenberg (nama yang digunakan oleh Kolonial Belanda)
Penakluk Pertama : Heinrich Harrer and Philip Temple  (Tahun 1962)

5. Gunung Kerinci
Ketinggian : 3.805 meter
Pulau : Sumatera
Provinsi : Jambi
Sebutan lain : Peak of Indrapura/Indrapoera
Penakluk Pertama : Arend Ludolf van Hasselt en Daniƫl David Veth (Tahun 1877)
Keterangan : Gunung Vulkanik atau Berapi Tertinggi di Indonesia

6. Gunung Rinjani
Ketinggian : 3.726 meter
Pulau : Lombok
Provinsi : Nusa Tenggara Barat
Keterangan : Gunung Berapi

7. Gunung Semeru
Ketinggian : 3.676 meter
Pulau : Jawa
Provinsi : Jawa Timur
Penakluk Pertama : Clignet (Tahun 1838)
Keterangan : Gunung Berapi

8. Gunung Sanggar
Ketinggian : 3.564 meter
Pulau : Lombok
Provinsi : Nusa Tenggara Barat

9. Gunung Rantemario
Ketinggian : 3.478 meter
Pulau : Sulawesi
Provinsi : Sulawesi Selatan

10. Gunung Slamet
Ketinggian : 3.428 meter
Pulau : Jawa
Provinsi : Jawa Tengah
Keterangan : Gunung Berapi

Indonesia yang memiliki banyak gunung-gunung dan banyak diantaranya masih aktif menyebabkan rawan bencana gunung meletus akan tetapi di sisi lain menyebabkan tanah di indonesia subur karena tanah di indonesia banyak yang mengandung vulkanis akibat dari gunung meletus. 

Bahkan, peristiwa gunung tambora dan krakatau meletus yang merupakan gunung purba menjadi bencana gunung meletus terdahsyat di indonesia bahkan dunia. 

Selain Gunung Indonesia juga memiliki laut laut dalam yang disebut palung laut bahkan salah satunya menjadi laut terdalam di dunia Demikian pembahasan tentang Daftar Urutan Gunung Tertinggi Di Indonesia. Semoga bermanfaat.

Keyword Terkait:
10 gunung tertinggi gunung tertinggi di indonesia gunung tertinggi indonesia daftar gunung tertinggi di indonesia 10 gunung tertinggi di indonesia gunung tertinggi di indonesia adalah nama gunung tertinggi di indonesia urutan gunung tertinggi di indonesia gunung gunung tertinggi di indonesia gunung berapi tertinggi di indonesia puncak gunung tertinggi di indonesia 5 gunung tertinggi di indonesia gunung tertinggi d indonesia gunung yang tertinggi di indonesia 5 gunung di indonesia
Buka Komentar
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

12 komentar

Pengen banget ngedaki gunung gan.. apalagi sama sahabat dan si doi <3 pengalaman gak terlupakan.. tapi jangan gunung yang tinggi kaya gini deh hehe

Balas

saya hanya pernah naik gunung merbabu lokasi di jawatengah boyolali,magelang

Balas

wah..gunung bromo g termasuk y

Balas

gunung yg erdapat salju mungkin cuma jaya wijaya ya gan?

Balas

belum pernah ke satu gunung pun :(

Balas

Pilimisit kaya kedengeran asing banget namanya

Balas

wah ane pengen banget ke gunung krinci gan, hobi banget naek gunung, cuman yg bikin halangan itu soal dana. baru 2 kali naek gunung

Balas

Wah mahameru gak masuk ternyata.

Balas

whoaaah tinggi banget...

Gak kebayang gimana pas udah berada disana..

Bisa merinding nih Saya..

Balas

Bener banget nih infonya..
dari daftar diatas, yang pernah saya panjat hehehe Rinjani, Semeru (Mahameru), Slamet..
Thanks gan info nya jadi pengen nanjak ke yang lainnya lagi euy.. hehehe

Balas