3 Kunci Sukses Pengusaha

3 Kunci Sukses Pengusaha


Indonesia adalah salah satu negara terbesar di dunia. Bahkan terbesar nomor 1 se Asia Tenggara, dengan 250 Juta orang hidup di negara yang berideologi Pancasila itu. Sebagai negara maritim dunia, Bangsa Indonesia di kenal sebagai negara yang memiliki beribu – ribu Pulau dengan berbagai macam keindahan dan pesona alami di dalamnya. 

Selain itu, suku, budaya, dan bahasa di Indonesia pun beraneka ragam macamnya. Setiap suku memiliki budaya dan bahasa yang berbeda – beda. Seperti Jawa misalnya, Suku Jawa memiliki bahasa sendiri, yaitu bahasa jawa dan memiliki karakter penulisan sendiri yaitu Aksara Jawa, selain itu suku Jawa juga memiliki budaya dan adat tersendiri. 

Berbeda dengan suku sunda, batak, madura, dan masih banyak lagi. Mereka memiliki beragam perbedaan, bahkan sampai makanan, perilaku, hingga ciri khas dari suku – suku tersebut memiliki banyak perbedaan. Sungguh, kekayaan alam, suku, budaya di Indonesia begitu melimpah. Dan peluang bangsa Indonesia untuk menjadi “Macan Asia” sangat terbuka lebar. Kita sebagai masyarakat Indonesia seharusnya mampu untuk mengelola serta memanfaatkan fasilitas yang dimiliki bangsa ini.

Saat ini pengusaha di Indonesia sangat dibutuhkan, bahkan memiliki peranan penting untuk kemajuan bangsa Indonesia. Negara kita hanya memiliki 0,02% orang yang menjadi pengusaha dari seluruh penduduk di Indonesia. Jika bangsa kita ingin meraih kejayaannya, minimal bangsa Indonesia memiliki 2% Pengusaha dari total penduduk Negeri ini. Cukup 2% Pengusaha maka bangsa Indonesia mampu menjadi Macan di Asia atau bahkan sebagai Macan Dunia. 

Namun, jika dilihat dari statistik peningkatan jumlah Pengusaha di Indonesia, hanya meningkat sekitar 0,001% tiap tahunnya. Angka ini sangat kecil jika kita bandingkan dengan potensi serta kekayaan alam yang dimiliki negeri ini, baik itu gaya hidup, makanan, style, dan lain sebagainya.


Untuk mengatasi hal ini beberapa Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia memiliki Visi dan Misi untuk meningkatkan jumlah pengusaha di Indonesia. Karena bangsa ini diyakini memiliki potensi cukup besar untuk menguasai perekonomian dunia. Para pemuda yang akan menjadi masa depan bangsa diharapkan mampu memajukan negeri ini. Tidak hanya itu, karena pemerintahan saat ini bellum mampu memanfaatkan fasilitas di negeri ini, maka pemudalah yang harus memanfaatkan hal itu.

Banyak sekali cara bagi kita semua untuk mampu menjadi seorang pengusaha sukses. Hal pertama yang harus dilakukan adalah mengubah paradigma atau mindset pribadi kita. Mengapa banyak orang – orang china yang mampu menjadi pengusaha? Bahkan hampir menguasai perekonomian di Indonesia bahkan juga di dunia? 

Mereka mampu karena mereka memiliki paradigma atau mindset dan mental sebagai seorang pengusaha. Paling minimal mereka mamiliki usaha kecil – kecilan, seperti membuka ruko atau toko kecil di rumah – rumah mereka. Usaha apapun mereka tekuni dan nikmati meskipun usaha itu masih kecil, dengan modal yang kecil itu secara bertahap akan menjadi usaha yang besar. 

Mental pengusaha ini telah mendarah daging dalam diri mereka. Sehingga jangan heran jika kita melihat banyak sekali toko – toko atau perusahaan di indonesia yang dimiliki oleh orang China. Kita sebagai pribumi jangan sampai kalah oleh mereka, tanamkan pada diri kita paradigma yang lurus supaya tujuan kita terfokus pada satu tujuan, yaitu pengusaha sukses. 

Kedua, Fokus. Sebagian orang terkadang memiliki suatu rencana namun rencana yang telah dibuat tidak terlaksana dengan maksimal. Ini terjadi karena banyak orang kehilangan fokus ketika merencanakan suatu kegiatan atau usaha yang mereka inginkan. 

Contoh, seseorang pada hari ini memiliki rencana A, namun pada hari berikutnya mereka memiliki rencana B, C, D, dan begitulah seterusnya. Tanpa disadari mereka telah kehilangan fokus untuk melakukan rencana awal yang ingin mereka inginkan. Fokus adalah hal penting yang harus dimiliki oleh seorang pengusaha. Fokuslah pada satu tujuan, niscaya jika kita terus beristiqamah untuk melakukan itu maka tujuan yang kita inginkan akan tercapai, Insya Allah.

Ketiga, bersikap objektif. Maksudnya adalah, seorang pengusaha harus memiliki mental konsisten serta berkomitmen atas apa yang akan mereka lakukan. Syarat ini terkadang sulit untuk dilalui oleh seseorang yang ingin menjadi pengusaha. Karena komitmen atau istiqamah membutuhkan kesabaran dan kerja keras dalam menjalaninya. 

Jangan sampai kita mudah goyah jika ada orang lain yang meremehkan atau menghalangi pekerjaan kita. Jangan hiraukan mereka yang ingin merusak rencana kita. Teruslah berfokus dan bersikap objektif dalam menjalani suatu rencana jika kita benar – benar ingin menjadi seorang pengusaha sukses.
Buka Komentar
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

17 komentar

pengen banget jadi pengusaha gan

Balas

Pengen jadi pengusaha tapi pengusaha apa ya?

Balas

wah jadi tambah semangat menjadi pengusaha

Balas

yang terpenting selalu semangat gan

Balas

Semangat untuk sukses. Thank bro nice artikel

Balas

kalau sudah jadi pengusaha kayaknya enak ya hidupnya

Balas

selalu berusaha dan berjuang terus gan

Balas

Saya agak susah buat fokus. Duh.. aduh.. :-D

Balas

Kalo ane saranin yang sesuai Passion/kemampuan diri...

Balas

Paling enak emang jadi pengusaha, dan butuh kerja keras untuk sukses.

Balas

bener banget bro. semua tidak ada yang instan. mie aja perlu di rebus agar bisa matang. nice post

Balas

Setuju sama artikel agan, salah satu kunci sukses sebetulnya dari diri sendiri terlebih dahulu dan salah satunya merubah pola pikir untuk bisa menjadi sukses..

Balas

bener bro, semua engga ada yg instan :)

Balas

modal mental, fokus dan objektif ternyata bisa jadi modal penguasa

Balas

intinya tetap kerja keras gan, karena menjadi penguasaha juga gak gampang nice gan :D

Balas