Perguruan Tinggi Terbaik di Indonesia

Perguruan Tinggi Terbaik di Indonesia


Setiap orang pasti memiliki cita - cita tinggi untuk menjadi sesuai apa yang ia harapkan. Namun, semua itu tidak mungkin bisa terjadi kecuali jika orang tersebut mau untuk menuntut ilmu, menempuh pendidikan, dan tentunya harus memiliki semangat belajar. 

Rata - rata penduduk Indonesia minimal harus bersekolah dari SD hingga SMA / MA. Tetapi bagi orang yang memiliki perjuangan luar biasa untuk menuntut ilmu, apapun rintangannya akan ia lewati supaya mampu mencapai jenjang Sarjana, atau Doktor. 

Indonesia setidaknya memiliki 3940 PTS, dan 372 PTN. Tidak sedikit orang ingin masuk ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN) melalui berbagai jalur, seperti SNMPTN, SBMPTN, UM, dan lain sebagainya. Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia tidak sebanding dengan jumlah siswa yang ada saat ini. 

Jadi, mau tidak mau, semua siswa di seluruh Indonesia harus mampu memaksimalkan usahanya supaya bisa masuk ke Perguruan Tinggi Negeri sesuai harapan kita. 

Terkadang orang juga masih bingung untuk memilih Perguruan Tinggi Negeri yang sesuai dengan jurusan mereka. Berikut kami berikan penjelasan tentang Perguruan Tinggi Negeri / PTN terbaik.

Sebagaimana tahun-tahun sebelumnya, pada tahun 2015 kemarin Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi kembali merilis daftar peringkat kampus terbaik di Indonesia. 

Berdasarkan data tersebut, ini nama 10 perguruan tinggi terbaik yang ada di Indonesia:

1.   Institut Teknologi Bandung (ITB)
2.   Universitas Gadjah Mada (UGM)
3.   Institut Pertanian Bogor (IPB)
4.   Universitas Indonesia (UI)
5.   Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)
6.   Universitas Brawijaya (Unibraw)
7.   Universitas Padjadjaran (Unpad)
8.   Universitas Airlangga (Unair)
9.   Universitas Sebelas Maret (UNS)
10. Universitas Diponegoro (Undip)

Peringkat tersebut tentu ditentukan oleh beberapa kriteria yang telah ditetapkan sejak awal sebagai dasar penilaian. 

Hal seperti ini tentu sangat penting untuk dilakukan, agar pendidikan di Indonesia memiliki standar khusus yang akan menjadi acuan dalam meningkatkan kinerja dan juga pola didik yang diterapkan oleh perguruan tinggi selaku penyelenggara pendidikan. 

Ada 4 kriteria penilaian yang digunakan sebagai indikator dalam menentukan perguruan tinggi terbaik di Indonesia, di antaranya adalah:

Kualitas Sumber Daya Manusia (SDM)

Poin ini terkait dengan kualitas tenaga pendidik yang terdapat dalam perguruan tinggi, di mana hal tersebut tentu saja menjadi poin terpenting yang akan secara langsung mempengaruhi kualitas pendidikan yang diberikan kepada peserta didik. 

Terkait dengan SDM yang dimiliki perguruan tinggi, akan dibagi menjadi 2 bobot penilaian, yakni: 12 persen untuk kualitas dosen yang memberi kuliah dan 18% untuk angka kecukupan dosen di universitas tersebut. 

Dalam kategori ini IPB adalah pemegang peringkat tertinggi dengan skor sebesar 4 poin, dilanjutkan dengan UGM dengan skor 3,99 poin, dan diikuti oleh ITB dengan skor 3,99 poin.

Kualitas Manajemen Perguruan Tinggi

Sebuah proses belajar yang baik tentu harus didukung oleh manajemen yang baik pula. Universitas yang baik akan memiliki sebuah manajemen yang cerdas dan bisa diandalkan dalam melangsungkan proses perkuliahan, karena itu sangat wajar jika hal ini menjadi salah satu faktor penilaian. 

Kualitas manajemen yang dimiliki oleh perguruan tinggi akan memegang bobot penilaian sebesar 30%. Dalam kategori ini UGM memegang peringkat tertinggi dengan skor 3,99 poin, dilanjutkan dengan ITB dan IPB yang sama-sama berada pada 3,99 poin.

Kualitas Kegiatan Mahasiswa

Universitas terbaik diharapkan mampu melahirkan mahasiswa-mahasiswa yang cerdas dan memiliki berbagai kegiatan yang bisa mendukung kemajuan mereka di dalam pendidikan. 

Poin ini juga menjadi salah satu kriteria di dalam penilaian tersebut, di mana universitas dituntut untuk memiliki mahasiswa yang aktif dan bisa melaksanakan berbagai kegiatan yang berguna dan bermanfaat. 

Kegiatan mahasiswa ini memegang porsi penilaian sebesar 10%. UGM menempati peringkat pertama dengan poin 4, lalu disusul dengan ITB dengan 1,9 poin dan selanjutnya IPB dengan 1,8 poin.

Hasil Penelitian Serta Publikasi Ilmiah

Universitas harus banyak melakukan penelitian terhadap berbagai bidang yang diajarkan oleh mereka, hal ini diharapkan bisa membantu perkembangan ilmu pengetahuan. 

Berbagai hasil penelitian serta publikasi karya ilmiah tersebut secara khusus juga menjadi bahan pertimbangan dalam menentukan peringkat terbaik bagi perguruan tinggi. 

Hal ini memegang bobot yang cukup besar dalam penilaian ini, yakni sebesar 30%. Penilaian dalam kriteria ini dipegang oleh ITB dengan 4 poin, lalu disusul UGM dengan skor 3,69 poin dan selanjutnya IPB dengan skor 3,1 poin.

Penilaian tersebut tentu akan dilakukan dengan menjumlahkan keseluruhan kriteria yang telah disebutkan di atas, maka ada kemungkinan jika perguruan tinggi akan unggul dalam kriteria tertentu namun tidak menjadi peringkat tertinggi dari penilaian tersebut. 

Namun, jika dijumlahkan secara keseluruhan kriteria tersebut, maka ITB menempati peringkat pertama dengan total skor sebesar 3,743. UGM berada di peringkat kedua dengan total skor 3,69 dan dilanjutkan dengan IPB di peringkat ketiga dengan total skor 3,49.

Sepertinya kamu akan bingung memilih satu di antara perguruan tinggi terbaik tersebut, karena kriteria penilaiannya juga menunjukkan poin yang berbeda-beda dan hal ini tentu akan membuat keunggulan yang berbeda pula pada bidang-bidang yang dijadikan indikasi penilaian pada perguruan tinggi tersebut. 

Tapi, jangan khawatir selagi kamu terus berusaha dan berikhtiar, Insya Allah apa yang kita inginkan bisa tercapai. Karena hanya dengan berusaha, cita - cita yang kita inginkan bisa terwujud
Buka Komentar
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

11 komentar

bagus gan artikel nya

Balas

ITB udah ga diragukan.. hehe

Balas

Kampus ku blm masuk 10 trbaik,. mantap gan artikelnya

Balas

Apalah dayaku yang kampusku gak masuk 10 besar hehehehe. Tapi no problemo lah. UI nomer 4 yah? Udah kalah saing

Balas

Unpad masuk juga ya?? Keren gann..

Balas

wah itb masih tetep nomer 1 ya untuk perguruan tinggi terbaik di indonesia banyak banget saingan yang berebut masuk itb

Balas