Universitas Terbaik Turki

Universitas Terbaik Turki

Turki merupakan negara dengan perekonomian tertinggi di dunia. bersama Qatar, Turki juga menjadi salah satu negara yang tidak memiliki hutang di
dunia. Tidak hanya itu, kualitas pendidikan di negara Turki sudah berstandar Eropa bahkan International, sehingga banyak dari mahasiswa di seluruh dunia termasuk Indonesia ingin bisa bersekolah di negara yang terletak antara Eropa dan Asia tersebut. 

Berikut kami berikan beberapa Universitas terbaik dan terfavorit di Turki, beserta Web masing - masing Universitas.

1. Middle East Technical University (METU) / Orta  Doğu Teknik Üniversitesi (ODTÜ) (http://www.metu.edu.tr/)





Univesitas ini berada di ibukota Ankara dengan memiliki 5 Fakultas : Arsitektur, Ilmu Sains dan Sosial, Ekonomi dan Ilmu Administrasi, Pendidikan dan tentunya Fakultas Teknik. 

Bahasa pengantar yang dipakai adalah full Bahasa Inggris dengan ada persiapan kelas bahasa Inggris selama setahun untuk yang tidak memiliki TOEFL/tes kemampuan bahasa Inggris. 

Jurusan favorit di Univesitas ini adalah jurusan teknik. Dan merupakan universitas di Turki yang memiliki jurusan teknik terbaik. 

Selain itu banyak sekali mahasiswa asing dari belahan dunia yang belajar di universitas ini.


2. Bilkent University (www.bilkent.edu.tr/)


Universitas memiliki lebih dari 13.000 siswa mengejar gelar dalam 32 sarjana dan 48 program pascasarjana. 

Universitas Bilkent membanggakan diri pada perspektif yang benar-benar internasional. Pengantar di Bilkent adalah bahasa Inggris, dan masyarakat internasional sarjana dan mahasiswa membentuk komponen penting dari kehidupan akademik dan sosial universitas. 

Fakultas dan instruktur internasional membuat lebih dari seperempat dari semua staf akademik, yang mewakili 40 negara yang berbeda. Ada semakin banyak mahasiswa internasional penuh waktu dan mahasiswa pertukaran yang berasal dari 74 negara. 

Universitas Bilkent baru-baru ini peringkat 30 di 2015 Times Higher Education (THE) Asia Peringkat Universitas. Bilkent juga peringkat 28 dalam Pendidikan 2015 Times Higher meja 100 bawah 50 liga universitas terbaik dunia muda (di bawah usia 50). 

Bilkent telah kembali peringkat 218 di Pendidikan World University Rankings Times Higher untuk 2014. 

Akhirnya antara dunia Top 100 Universitas Rekayasa dan Teknologi di Pendidikan World University Rankings Times Higher untuk 2013-14, Bilkent peringkat 98 dan merupakan satu-satunya universitas Turki pada daftar.

3. Hacettepe University (http://hacettepe.edu.tr/english/)


Universitas ini juga terletak di ibukota Ankara. Universitas yang diresmikan pada 1967 ini sekarang sudah memiliki 14 fakultas. Fakultas favorit di Universitas ini adalah Fakultas Kedokteran dan Ilmu Sains. 

Selain itu memiliki Fakultas Kedokteran terbaik di Turki, Universitas ini juga memiliki Rumah Sakit yang juga terbaik. Untuk bahasa pengantar yang dipakai di Universitas ini adalah ada sebagian jurusan yang memakai bahasa Inggris, namun kebanyakan jurusan memakai bahasa Turki.

4. Sabanci University (https://www.sabanciuniv.edu/en)


Sabanci University adalah universitas global terkemuka dengan interdisciplinaryeducation yang berfokus pada penelitian dan individu; lingkungan pilihan akademik gratis dan kinerja dan fakultas global-berpengaruh. 

Universitas kami telah menjadi titik acuan internasional dengan partisipasi dalam proyek-proyek penelitian unggulan; dengan model yang inovatif pendidikan yang memberikan siswa kebebasan penuh dalam memilih daerah studi mereka. 

Sabanci University menawarkan 13 sarjana, 23 magister dan 12 program PhD, serta derajat kehormatan kecil dan gelar ganda di bawah atap tiga fakultas: Fakultas Teknik dan Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Seni dan Ilmu Sosial Fakultas Manajemen

5. Istanbul University (http://www.istanbul.edu.tr/en/)


Sesuai namanya, Univesitas ini berada di Kota Istanbul dan merupakan universitas tertua di Turki karena cikal bakalnya sudah dimulai ketika penaklukan Konstantinopel (Istanbul) pada 1453. 

Universitas yang memiliki fakultas paling banyak di Turki (22 Fakultas) ini menjadi salah satu universitas favorit baik bagi orang Turki maupun orang asing. 

Dan fakultas yang paling menonjol untuk universitas ini adalah fakultas Sosial seperti jurusan sejarah, hukum, dan politik, fakultas Teologi Islam dan tentunya fakultas kedokteran yang juga merupakan fakultas kedokteran terbaik di Turki. 

Bahasa pengantar yang dipakai di universitas ini adalah full bahasa Turki dengan dosen-dosen dan pengajar yang sangat mumpuni dalam bidangnya.

6. Universitas Teknik Istanbul 


Universitas Teknik Istanbul (Tr. İstanbul Teknik Üniversitesi, umumnya disebut sebagai ITU atau Universitas Teknik) adalah sebuah universitas teknik internasional yang terletak di Istanbul, Turki. 

Universitas tersebut merupakan universitas teknik tertua ketiga di dunia [11] yang didedikasikan untuk ilmu pengetahuan teknik serta ilmu pengetahuan sosial pada saat ini, dan merupakan salah satu institusi pendidikan paling berpengaruh di Turki.

ITU meraih urutan ke-108 di dunia dan urutan ke-1 di dalam negeri dalam bidang teknik/teknologi menurut THES - QS World University Rankings pada 2009.[12] Para lulusan universitas teknik İstanbul meraih beberapa penghargaan TUBITAK dan TUBA. 

Sejumlah lulusan juga menjadi anggota akademi ilmu pengetahuan di AS, Inggris dan Rusia. Tim basket universitas tersebut, ITUSpor, berada dalam Liga Kedua Basket Turki. 

Universitas tersebut memiliki 39 program pasca-kelulusan, 144 program kelulusan, 13 kolese, 346 lab dan 12 pusat penelitian. Ratio pelajar per fakultasnya adalah 12:1.[13]

7. Universitas Koç (http://www.ku.edu.tr/)


Universitas Koç adalah sebuah universitas swasta di Istanbul, Turki. Universitas tersebut memulai pendidikan dalam bangunan-bangunan temporer di İstinye pada 1993, dan berpinsah ke kampus Rumeli Feneri saat ininya di dekat Sarıyer pada 2000.

Universitas tersebut saat ini terdiri dari Kolese Ilmu Pengetahuan Sosial dan Kemanusiaan, Ilmu Pengetahuan Administratif dan Ekonomi, Ilmu Pengetahuan Alam, Teknik, Hukum, Perawatan dan Kedokteran. Universitas Koç menyediakan 22 program pasca-kelulusan, 31 kelulusan dan 16 PhD.

8. Ankara University (http://en.ankara.edu.tr/)


Universitas Ankara merupakan Universitas yang pertama kali diresmikan setelah kemerdekaan Turki. Universitas ini memiliki 15 Fakultas, dengan Fakultas hukum, Fakultas politik, Fakultas Bahasa Sejarah dan Geografi, Fakultas Teologi Islam dan Fakultas Pertanian sebagai Fakultas pilihan. 

Namun selain itu, Universitas ini juga memiliki Fakultas Kedokteran yang juga baik dan tentunya rumah sakit yang bagus. Selain itu universitas ini memiliki lembaga TOMER (kursus bahasa Turki) nomer wahid dan sudah membuka cabang di seluruh penjuru Turki. 

Untuk bahasa pengantar yang pakai di universitas ini adalah Full Bahasa Turki walaupun ada beberapa jurusan yang sudah menerapkan 30% bahasa Inggris. 

9. Gebze Technical University (http://www.gtu.edu.tr/)


Universitas ini berada di kota kecil Izmit/Kocaeli, kira-kira satu jam dari kota Istanbul. Universitas yang dibangun pada 1992 ini memiliki 4 Fakultas yaitu : Teknik, Ilmu Sains, Arsitektur dan Bisnis Administrasi. 
Dan tentunya sesuai dengan namanya, fakultas paling favorit adalah fakultas teknik. Kenapa Universitas di kota kecil ini bisa masuk TOP 10 universitas di Turki ? Karena di Universitas ini banyak sekali proyek dan penelitian yang berkerjasama dengan lembaga TUBITAK (Penelitan Turki). 

Untuk bahasa pengantar yang dipakai di Universitas ini adalah bahasa Turki dengan sebagian ada yang memakai bahasa Inggris.  

10. Bogazici University (http://www.boun.edu.tr/en_US)


Universitas Bogazici adalah universitas yang berada di Istanbul dan memiliki fakultas pilihan dalam bidang Sosial. 

Universitas ini memiliki 6 Fakultas dan menggunakan bahasa pengantar bahasa Inggris. Universitas ini merupakan universitas pilihan bagi seluruh pelajar belahan dunia, khususnya juga pelajar dari Eropa. Karena memiliki sistem dan standar yang bagus. 

Baca Juga :
Kumpulan Kata-kata Motivasi Penyemangat Hidup
Buka Komentar
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

23 komentar

mantap infonya gan...nice share

Balas

http://www.laguhitsku.com/watch?v=1-xGerv5FOk download ya bro

Balas

bukannya istanbul di mesir yah?

Balas

masih belum kesana ane gan masih mikirin gimana caranya habis lulus smk langsung kerja tapi info yg bermanfaat gan ..

Balas

biaya hidupnya mahal ga ya di sana?

Balas

kalau seandainya saya di sana kira kira bisa gak ya ?

Balas

butug dana yg banyak ni mas

Balas

Mantap gan nice share, info yang sangat bermanfaat

Balas

pengen kuliah diluar tapi ga ad modal

Balas

Justru kalo kuliah di luar negeri bisa di kasih uang gan. Apalagi di turki :) lihat info beasiswanya di Turki Burslari (YTB)

Balas

Bisa banget! Cari aja info beasiswanya di Turkey Burslari (YTB)

Balas

Istanbul di Turki mas :) inget lagi ya sejarah tentang penaklukan Konstantinopel

Balas

Kalo kita kuliah di sana dan dapet beasiswa, Insya Allah kalo urusan uang bisa dijamin mas :)

Balas

Ane mah yg dalem negri aja

Balas

mas, boleh kasih kontak line, wa ato apa gt, mau tanya" tntang beasiswa dan cara dapatnya. kalo gk mau di pubis kontaknya, bisa di email kok rhyfkeputrii@gmail.com terimakasih

Balas

kalo itu saya kurang tau, tapi cari aja di google. Beasiswa YTB Turki (Tuki Burslari). Insya Allah lembaga itu banyak membantu biar bisa kuliah di Turki...

Balas


Kalo di bogazici ada bahasa pengantar turki ga ? Kalo misal ambil pengantar b.inggris kalo ga punya toefl ada persiapan 1 tahun sebelum kuliah atau ga ? Terimakasih

Balas


Kalo di bogazici ada bahasa pengantar turki ga ? Kalo misal ambil pengantar b.inggris kalo ga punya toefl ada persiapan 1 tahun sebelum kuliah atau ga ? Terimakasih

Balas

Permisi numpang jawab,kebetulan saya mahasiswa yang lagi kuliah di Turki,setau saya dibogazici pengantarnya hampir semua pake b.inggris dan kalo kita gak punya TOEFL universitasnya nyelenggarain english proficiency exam sendiri dan kalo nilai kita gak memenuhi nilai minimalnya bakal ada persiapan b.inggris 1 tahun

Semoga membantu

Balas

makasih bgt mas artikelnya sangat bermanfaat

Balas