Hadapi Masalah Dengan Senyuman

Hadapi Masalah Dengan Senyuman


Hidup di dunia yang fana ini memang kita lalui dengan berbagai macam kejadian atau peristiwa yang berbeda. Kadangkala kita tersenyum melihat keindahan pelangi, tertawa bersama teman-teman, sukses dalam sebuah pekerjaan dan lain sebagainya. Namun, di sisi lain kita berhadapan dengan situasi yang sulit, beban hidup bertambah berat, amanah semakin banyak, hingga masalah-masalah yang seringkali membuat kita bersedih.

Itulah kehidupan, seperti roda yang berputar, kadang kita berada di atas, kadang berada di bawah, dan semua orang pasti mengalami hal ini. Hidup adalah perjuangan yang di tempuh oleh setiap manusia, ibarat seorang pengembara yang sedang melakukan perjalanan, disitu pasti banyak sekali rintangan yang harus di hadapi, dan hadapilah semua masalah itu dengan Senyuman.

Senyuman memiliki energi tersendiri bagi jiwa dan raga kita, dengan senyum maka secara tidak langsung tubuh kita akan merespon hal-hal positif. Nah, dari pemikiran positif inilah yang membuat pikiran kita menjadi lebih jernih untuk mampu memecahkan masalah yang sedang di hadapi. Jangan selalu berpikir masalah kita banyak, karena dengan begitu kita tidak akan pernah bergerak atau hanya diam memikirkan masalah-masalah itu saja. Tapi berpikirlah bagaimana caranya agar kita bisa mengatasi masalah-masalah yang banyak itu.

Allah sesuai dengan prasangka hambanya. Maksudnya adalah jika kita berpikiran positif kepada apa yang telah Allah takdirkan kepada kita, niscaya Allah akan mudahkan jalan menuju jalan kesuksesan. Berpikirlah bahwa Allah menguji kita dengan berbagai masalah yang menimpa diri kita adalah agar kita menjadi lebih kuat, lebih hebat, dan lebih tangguh daripada diri kita yang sebelumnya malas, putus asa, dan tidak memiliki tujuan hidup.

Rasulullah SAW bahkan mengajarkan kita untuk tersenyum, bahkan bisa menjadikannya sebagai ibadah. Ternyata di balik semua itu terdapat rahasia yang mengagumkan dalam senyuman. 



Kita sering mendengar bahwa seseorang akan mendapatkan balasan sesuai apa yang telah ia kerjakan. Sama seperti orang yang berteriak di pegunungan yang tinggi, maka akan menggema atau suara kita memantul layaknya ada seseorang yang berbicara pada kita, maka bicaralah yang baik supaya kita juga mendapatkan balasan dengan ucapan yang baik pula. "Kau hebat!" Maka pantulan suara itu seolah-olah berbicara pada diri kita "Kau hebat!". Sama seperti cermin, jikalau kita bercermin dengan muka tersenyum, maka seperti itulah balasan yang akan kita dapat, Senyuman.

Selain itu, menurut psikologi senyum memiliki beberapa manfaat diantaranya adalah:

1. Meningkatkan kebahagiaan

Tersenyum akan meningkatan hormon dopamin, endorfin dan serotonin yang menimbulkan kebahagiaan. Ketika kita tersenyum, bagian otak yang mengatur emosi bahagia akan aktif. Efeknya, tubuh bereaksi dan mengeluarkan respon positif. Senyum disebut setara dengan memakan 2000 batang cokelat dan setara dengan mendapat uang dalam jumlah yang sangat besar.

2. Lebih awet muda

Menurut penelitian, para pemain Baseball yang terlihat senyum penuh kehangatan dan penuh sumringah, usianya jauh lebih panjang 7 tahun daripada pemain yang jarang tersenyum. Karena, senyum mampu menggerakkan otot-otot wajah hingga terlatih. Dan kebiasaan itu otomatis mampu melenturkan kulit wajah sehingga terlihat lebih awet muda.

3. Lebih berpikiran positif

Senyuman mampu menciptakan pikiran positif. Alasannya, saat tubuh mengirim sinyal dari ‘pikiran positif’, maka tubuh akan menerima pesan sebagai harapan hidup yang baik.

4. Membuat lebih menarik

Sebuah studi di Skotlandia pada tahun 2011 di Face Research Laboratory menemukan bahwa pria dan wanita lebih tertarik pada gambar dengan mimik wajah tersenyum. Faktanya, kebanyakan orang mengaku lebih senang melihat orang yang mudah senyum daripada seseorang yang terlihat jutek dan ketus.

5. Menunjukkan karakter


Seseorang yang mudah tersenyum identik dengan sosok yang ramah, terbuka dan percaya diri. Mereka yang menebar senyum saat berpapasan dengan orang lain, dan akan dianggap sebagai pribadi yang ramah dan menghargai orang lain. Sehingga banyak orang yang senang bergaul dengan pribadi demikian.


Tersenyumlah! Niscaya energi positif akan mengalir pada diri kita. Tersenyumlah! Niscaya orang-orang akan bersimpati kepada kita. Tersenyumlah! Niscaya Allah akan memberikan yang terbaik pada diri kita. Atasi semua masalah dengan prasangka yang baik terhadap Allah, berdo'a pada-Nya agar di berikan petunjuk, usaha yang maksimal, dan lalui semua jtu dengan 'Senyuman'. Niscaya, kita akan menerima hasil akhir itu dengan balasan yang sama 'Senyuman'.

Wallahu a'lam
Buka Komentar
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

1 komentar

Masalah memang dan pasti selalu ada, semua bisa diatasi, apalagi dengan tersenyum akan mudah terlewati :)

Balas