Keindahan Pantai Indrayanti

Keindahan Pantai Indrayanti

Saat liburan tiba, hampir dari setiap keluarga ingin bepergian ke tempat – tempat yang indah dan bisa menghibur keluarga tercinta. Tentunya semua hal itu harus di rencanakan terlebih dahulu supaya semua keluarga bisa merasakan kenyamanan dan keasyikan untuk mengisi waktu liburan. Selain itu, faktor keamanan pun menjadi prioritas bagi keluarga yang hendak pergi berlibur.

Banyak sekali tempat – tempat indah yang menjadi target untuk mengisi liburan, seperti pantai, kolam renang, rafting, gunung, dan lain sebagainya. Berhubung banyak wisatawan keluarga liburan ke pantai kali ini kita akan membahas tentang suasana dan indahnya liburan di Pantai Indrayanti. 

Pantai Indrayanti atau Pantai Pulang Sawal ini berada di Dusun Ngasem, Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Lokasi Pantai Indrayanti terletak tepat di sisi timur Pantai Sundak. Keduanya dibatasi oleh perbukitan karang. Pantai Indrayanti menawarkan keindahan panoorama inik dibanding pantai – pantai lain di Gunung Kidul.

Pemberian nama Pantai ini sempat mengundang kontroversi, karena pemerintah Kabupaten Gunung Kidul telah memberi nama pantai tersebut sebagai Pantai Pulang Syawal. Sedangkan, nama Indrayanti sendiri sebetulnya adalah nama orang pemilik sebuah restoran di kawasan tersebut. Karena papan nama “Indrayanti” terpampang di depan restoran, akhirnya banyak orang lebih mengenal Pantai tersebut dengan nama Pantai Indrayanti.

Tidak hanya bentang pasir putih yang mempesona atau megahnya perbukitan batuan karang, jernihnya air laut yang terlihat biru bersih seolah mengajak para wisatawan untuk berenang dan berbaur di dalamnya. Pemandangan Pantai Indrayanti pun tak kalah menarik jika dibandingkan dengan pantai - pantai lain. Selain bersih, dan jernih, Pantai ini juga memiliki view yang indah. 



Kebersihan Air laut Pantai Indrayanti ini karena memang belum terkontaminasi oleh aneka limbah. Sehingga banyak pengunjung yang memilih tempat ini untuk dijadikan tempat liburan. Karang – karangnya pun terlihat cantik dan indah. 

Desiran ombak yang tenang juga menjadi alasan bagi para wisatawan untuk mencari tempat wisata yang indah namun tetap aman. Pantai Indrayanti memang pas bagi siapapun, selain tempatnya yang romantis di sore hari, Pantai ini sangat cocok untuk kebersamaan, baik bersama teman, sahabat, hingga keluarga dan kerabat kita. 

Kenyamanan dan kebersihan sangat dikelola dengan baik oleh para petugas. Pihak pengelola pantai juga tak segan – segan menindak para pengunjung yang membuang sampah sembarangan atau merusak pemandangan alam di sekitar. Karena faktor inilah, Pantai Indrayanti masih terawat kecantikannya hingga saat ini.

Di kawasan ini juga menyediakan aneka ragam kuliner yang mempu memanjakan para wisatawan. Seperti, nasi goreng, bakso, soto, Gudeg, dan lain-lainnya. Tetapi tentu saja menu yang disajikan lebih didominasi oleh hidangan laut karena masih berada di kawasan pantai. Para pengunjung tentu tidak perlu khawatir lagi soal makanan jika pergi ke tempat ini.

Selain cafe dan restoran yang melengkapi pesona Pantai Indrayanti Gunungkidul, di sana juga terdapat sejumlah penginapan bagi Anda yang ingin menghabiskan waktu liburan di pantai berombak cukup tenang ini. Pantai Indrayanti menjadi tempat pas untuk liburan, refreshing dan menyantap kuliner dipadu dengan pemandangan yang menawan.

Setelah menikmati sajian kuliner di cafe atau restoran di Pantai Indrayanti, para pengunjung juga dapat mendapatkan pemandangan indah yang lain, dengan berjalan menuju bukit di arah timur. Namun, untuk berjalan melewatinya, para pengunjung harus sedikit ekstrim dalam menerobos semak dan perdu serta sesekali memanjat karang. Perjalanan ini mungkin akan terasa sedikit melelahkan, tapi semua akan terbayar tuntas ketika kita sampai di puncak bukit tersebut.

Dari puncaknya, para wisatawan dapat menyaksikan bentang Samudera Hindia yang begitu luas terhampar sejauh mata memandang. Terlihat burung camar berterbangan melintas dengan paruh membawa ilalang untuk membuat sarang, diselingi dengan desau angin laut dan tenangnya deru ombak, sungguh laksana orchestra alam yang sungguh menawan hati. Indah dan menyenangkan. Terutama saat senja telah tiba, di sinilah tempat terbaik untuk mendapatkan sunset dan mengabadikan foto dalam keindahan Pantai Indrayanti.
Buka Komentar
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

1 komentar

bener gan emang bagus, ane pernah kesana, pp ane di indrayanti

Balas