Keindahan Raja Ampat

Keindahan Raja Ampat


Keindahan alam di Indonesia ini sudah tidak diragukan lagi. Beberapa turis pun kerap kali berkunjung ke Indonesia untuk menenangkan diri dengan melihat pemandangan yang indah. Banyak dari mereka berkunjung ke berbagai tempat, seperti gunung, pantai, tempat – tempat bersejarah, dan masih banyak lagi. Nah, kali ini kita akan mereview salah satu tempat terindah di Indonesia, Kepulauan Raja Ampat

Kepulauan Raja Ampat merupakan rengkaian empat gugusan pulau berdekatan dan berlokasi di barat bagian Kepala Burung (Vogelkoop) Pulau Papua. Secara administrasi, gugusan ini berada di bawah Kabupaten Raja Ampat, Provinsi Papua Barat. Kepulauan ini sekarang menjadi tujuan para penyelam yang tertarik akan keindahan pemandangan alam terlebih lagi di bawah laut. Empat gugusan pulau di Raja Ampat yaitu, Pulau Waigeo, Pulau Misool, Pulau Salawati, dan Pulau Batanta.

Kepulauan Raja Ampat menjadi salah satu objek wisata unggulan di Indonesia, terutama bagi para penyelam. Perairan Kepulauan Raja Ampat menurut berbagai sumber, merupakan salah satu dari 10 perairan terbaik untuk diving site di seluruh dunia. Bahkan, mungkin juga diakui sebagai nomor satu untuk kelengkapan flora dan fauna bawah air di dunia pada saat ini.

Dr John Veron, ahli karang berpengalaman dari Australia, misalnya, dalam sebuah situs ia mengungkapkan, Kepulauan Raja Ampat yang terletak di ujung paling barat Pulau Papua, sekitar 50 mil sebelah barat laut Sorong, mempunyai kawasan karang terbaik di Indonesia. Sekitar 450 jenis karang sempat diidentifikasi selama dua pekan penelitian di daerah itu.


Tim ahli dari Conservation International, The Nature Conservancy, dan Lembaga Oseanografi Nasional (LON) Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) pernah melakukan penilaian cepat pada 2001 dan 2002. Hasilnya, mereka mencatat di perairan ini terdapat lebih dari 540 jenis karang keras (75% dari total jenis di dunia), lebih dari 1.000 jenis ikan karang, 700 jenis moluska, dan catatan tertinggi bagi gonodactyloid stomatopod crustaceans. Ini menjadikan 75% spesies karang dunia berada di Raja Ampat. Tak satupun tempat dengan luas area yang sama memiliki jumlah spesies karang sebanyak ini.

Spesies unik yang bisa dijumpai pada saat menyelam adalah beberapa jenis kuda laut katai, wobbegong, dan ikan pari Manta. Juga ada ikan endemik raja ampat, yaitu Eviota raja, yaitu sejenis ikan gobbie. Di Manta point yg terletak di Arborek selat Dampier, Anda bisa menyelam dengan ditemani beberapa ekor Pari Manta yang jinak seperti ketika Anda menyelam di Kepulauan Derawan, Kalimantan Timur. 

Jika menyelam di Cape Kri atau Chicken Reef, Anda bisa dikelilingi oleh ribuan ikan. Kadang kumpulan ikan tuna, giant trevallies dan snappers. Tapi yang menegangkan jika kita dikelilingi oleh kumpulan ikan barakuda, walaupun sebenarnya itu relatif tidak berbahaya (yang berbahaya jika kita ketemu barakuda soliter atau sendirian). Hiu karang juga sering terlihat, dan kalau beruntung Anda juga bisa melihat penyu sedang diam memakan sponge atau berenang di sekitar anda. Di beberapa tempat seperti di Salawati, Batanta dan Waigeo juga terlihat Dugong atau ikan duyung.

Bagi wisatawan yang tidak menyelam pun akan diberikan keindahan lainnya. Raja Ampat memiliki pantai berpasir putih, pemandangan gugusan pulau – pulaunya juga sangat mempesona. Selain itu, flora dan fauna  endemik unik di Raja Ampat seperti cendrawasih merah, cendrawasih wilson, maleo wigeo, burung kakatua, nuri, kukus waigeo, serta beragam jenis tanaman anggrek mampu memikat para pengunjung.

Pesona keindahan Raja Ampat bisa terlihat baik dari bawah laut ataupun di atas laut. Di pulau Raja Ampat para pengunjung bisa melakukan hal – hal yang menyenangkan, seperti menjelajahi pulau Raja Ampat dengan menggunakan perahu, melakukan permainan kayak, menikmati indahnya pulau – pulau karang (karst) di sekitar Pulau Wayag, memancing secara tradisional Papua, memberi makanan kuskus, menjelajahi gua kelelawar, membuat patung kayu sendiri yang dipandu oleh pengrajin Asmat, Snorkeling,dan,Trekking untuk menemukan air terjun.

Keindahan Pulau Raja Ampat ini tak akan pernah dilupakan oleh para pengunjung, baik dari dalam maupun luar negeri. Karena sangat jarang ditemui tempat – tempat seperti ini di belahan bumi lainnya selain di Indonesia. Bagi kalian yang berncana hendak menuju ke pulau Raja Ampat, tentunya harus mempersiapkan diri dengan baik, ambil momen terbaik untuk pergi ke pulau Raja Ampat, dan berhati – hatilah dalam perjalananya. Selamat Menikmati! Jika teman-teman mau mencari reffrensi tentang tips dan infomasi lainnya bisa mengunjungi dibaca.NET
Buka Komentar
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

12 komentar

Raja ampat memang indah, Indonesia juga mempunyai keindahan alam selain Bali yaiu Raja Ampat :)

Balas

arrgh jadi pengen kesana :g

Balas

wah mantap ini gan...ada rencana liburan kesana ane :D jadi ada gambaran dikit2...

Balas

indah bener gan. tapi mahal

Balas

pengen kesana saya jadinya hehehehe

Balas

pengen banget kesini tapi belum kesampean huhuhu

Balas

daerah yang paling keren seindonesia nih menurut ane sob, raja ampat. sayangnya kurang di eksplore lebih jauh lagi..

Balas

raja ampat emamng indah, indonesia memiliki keindahan alam yang luar biasa, terima kasih infonya gan

Balas

Surga terindah milik Indonesia, walaupun saya belum pernah melihatnya secara langusng
nice info gan.

Balas

Perairannya masih terjaga jadi pingin kesana :'

Balas