Keunikan Tari Saman

Keunikan Tari Saman

Jika membahas tentang seni dan keunikan budaya Indonesia memang tidak pernah ada habisnya, apalagi negeri ini memiliki banyak sekali suku, agama, dan ras yang berbeda-beda. Hampir di setiap daerah mulai dari Aceh hingga Papua memiliki ciri khas seni dan budaya masing – masing. Dan itu patut kita banggakan karena Indonesia bisa bersatu dalam segala perbedaan.
Kali ini kita akan mengenal lebih jauh mengenai sebuah seni dari Aceh, yaitu Tari Saman. Tari Saman memiliki keunikan tersendiri, tarian in berasal Suku Gayo yang biasa ditampilkan untuk merayakan peristiwa-peristiwa penting dalam adat. Syair dalam tari saman mempergunakan Bahasa Gayo. Selain itu biasanya tarian ini juga ditampilkan untuk merayakan kelahiran Nabi Muhammad SAW.
Tari saman di Aceh didirikan dan dikembangkan oleh Syekh Saman, seorang ulama yang berasal dari Gayo di Aceh Tenggara. Tari saman ditetapkan UNESCO sebagai Daftar Representatif Budaya Tak benda Warisan Manusia dalam Sidang ke-6 Komite Antar-Pemerintah untuk Pelindungan Warisan Budaya Tak benda UNESCO di Bali, 24 November 2011.
Selain menjadi seni di Indonesia yang di akui oleh dunia, Tari saman juga memiliki keunikan tersendiri. Maknanya pun sangat dalam, sehingga dari dulu hingga sekarang tarian ini masih sering digunakan. Bahkan bukan hanya di Aceh, di setiap daerah di Indonesia juga terkadang menampilkan tarian ini dalam berbagai acara. Berikut adalah keunikan dari Tari  Saman.
Makna dan Fungsi Tari saman merupakan salah satu media dakwah, karena dalam tarian ini mencerminkan aspek – aspek pendidikan, keagamaan, sopan santun, kepahlawanan, kekompakan, dan kebersamaan.
Paduan Suara Tari Saman tidak menggunakan iringan alat musik, tetapi menggunakan suara dari para penari dan tepuk tangan. Tarian ini dipandu oleh seorang pemimpin yang disebut Syech. Karena keseragaman formasi dan ketepatan waktu adalah suatu keharusan dalam menampilkan tarian ini, maka para penari dituntut untuk memiliki konsentrasi yang tinggi dan latihan yang serius agar dapat tampil dengan sempurna.
Syair atau Lagu Bahasa syair atau lagu yang digunakan dalam Tari Saman adalah bahasa Arab dan Aceh yang memuat pesan-pesan dakwah, sindiran, dan pantun nasihat.Awalnya, tarian ini hanyalah berupa permainan rakyat yang dinamakan Pok Ane. Namun, kemudian ditambahkan iringan syair-syair, berisi puji-pujian kepada Allah SWT dan Sholawat kepada Nabi Muhammad Saw.
Gerakan Tari saman menggunakan dua unsur gerak yang menjadi unsur dasar dalam tari saman, yaitu tepuk tangan dan tepuk dada. Tari saman disebut tarian yang unik, karena hanya menampilkan gerak tepuk tangan dan gerakan-gerakan lainnya, seperti gerak guncang, kirep, lingang, surang-saring.
Penari Pada awalnya Tari saman ini umumnya dimainkan oleh laki-laki. Namun, dalam perkembangan selanjutnya, tarian ini dimainkan pula oleh kaum perempuan. Jumlah penari Tari saman ini bervariasi, ada yang 8 atau bahkan lebih. Kostum atau Busana Kostum atau busana khusus saman terbagi dari tiga bagian, yaitu Pada kepala memakai Bulung teleng atau tengkuluk dasar kain hitam empat persegi. Dua segi disulam dengan benang seperti baju, sunting kepies. Kemudian pada bagian badan menggunakan Baju pokok/baju kerawang, celana dan kain sarung. Dan terakhir pada bagian tangan menggunakan topeng gelang atau sapu tangan. Warna dalam kostum ini menurut tradisi mengandung nilai-nilai tertentu, karena melalui warna menunjukkan identitas para pemakainya. Warna-warna tersebut mencerminkan kekompakan, kebijaksanaan, keperkasaan, keberanian dan keharmonisan. Tari saman ini merupakan tarian yang sangat fenomenal, karena selain menjadi tradisi dan budaya di Indonesia. Tarian ini telah di akui dunia Internasional, bahkan dalam beberapa rangkaian acara di mancanegara, kerap kali menampilkan tarian ini. Padahal awal mulanya tarian ini hanya sebagai permainan, kemudian dikembangkan menjadi sarana dakwah agama Islam pada saat itu.
Sebagai negara dengan penduduk mayoritas umat Islam, kita tetap harus menjaga budaya dan seni di Indonesia. Bagaimanapun caranya, melestarikan budaya di Indonesia merupakan suatu kewajiban supaya tidak tergerus oleh waktu. Karena seni dan bidaya di Indonesia menjadi suatu kebanggaan bagi kita semua yang telah memiliki status dan nama di dunia internasional
Buka Komentar
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

18 komentar

Tari Saman adalah warisan budaya Indonesia yang harus dijaga. Tari ini merupakan tari tradisional yang masih menjadi salah satu ikon dunia untuk Indonesia.

Balas

wah bagus gan, terima kasih bisa nambah pengetahuan.

Balas

seiring dengan majunya zaman ,buadaya seperti ini harus tetap di lakukan soalnya bisa di jadikan identitas untuk negara kita

Balas

tari Saman menurut saya tarian yang sangat indah dan bagus..waktu itu ane di sekolah latian tari sama tapi susah banget krna kurang kompak ka

Balas

Indonesia dengan keberagamannya harus kita lestarikan

Balas

mantabb nambah pengetahuan nih gan,tari saman emg unik :v

Balas

begitu banyak ya ragam" aneka di Indonesia ,

Balas

dulu pernah nyoba ni gan, tapi pas di bagian yg tangan kebawah sama ke atas ribet :v

Balas

saya pernah belajar tari saman juga nih untuk acara lomba kegiatan pramuka... Salam Aneuk Nanggroe!

Balas

2 minggu yang lalu saya nari ini disekolah :D susah tapi keren :D

Balas

Tari saman menurutku tarian yang unik, butuh banyak latihan dan kelincahanya juga :D

Balas

betul banget gan :D kalau ngomong soal tari saman jadi inget waktu SD :3

Balas

bagus emang tarinya aku juga seneng kadang ak juga pengin latihan tari saman ini makasih infonya

Balas

kalo lihat tari saman kayaknya capek, cepet banget geraknya, kadang lihatnya pusing, hehe

Balas

Semoga bisa terus dijaga dan dilestarikan ya tarian Saman ini. Karena sempet lihat ada salah satu televisi swasta yg melecehkan tarian ini dimana penarinya mengenakan pakaian tidak sopan. Sampai para pemuda Aceh yg memperagakan tarian ini saat CFD di kota ku demi menunjukkan bahwa tarian ini bermakna kesopanan didalam berbusananya jd gak pantas kalau ditampilkan sama cewek seksi mana pakaian gak tertutup pula

Balas

waktu smp saya pernah membawakan tarian khas aceh ini hehe

Balas

tari saman unik sekali pasti gan

Balas

assalamualaikum wr.wb pertama tama saya panjakkan syukur kepada allah yang telah memberikan rahmat atau reskinya kepada saya dan mempertemukan saya juga dengan AKI RAHMAN dan melalui bantuan pesugihan beliau aku mendapatkan uang sebesar 20m,uang ini aku manfaatkan untuk menyumbankan sebagian dan juga pergunakan untuk membuka usaha karna sudah banyak para normal yang saya hubungi dan saya datangi tidak ada yang pernah membuahkan hasil dan mereka hanya menghabiskan uangku saja, jangan mudah percaya begituh saja sama para normal lainnya karna omongannya saja yang manis tidak ada buktinya dan yang bisa dipercaya cuma AKI RAHMAN saja karna beliau sudah banyak membantuh orang terutama saya dan ternyata masih ada orang yang jujur dan bisa dipercaya, yaa allah lindungilah orang jujur yang seperti ini karna aku juga tidak pernah menyanka kalau saya mendapatkan uang sebesar ini dan aku hampir putus asa karna uang saya habis ditipuh paranormal dan secara tidak sengaja saya menemukan postingan orang di internet tentan AKI RAHMAN dan dengan senang hati beliau mau membantuh saya kalau saya benar benar yakin dan serius dengan pesugihan putihnya dan alhamdulillah berhasil akhirnya saya juga ingin berniat atau mempostin pesan sinkat ini supaya semua orang tau kalau masih ada orang yang jujur dan bisa dipercaya yaituh AKI RAHMAN dan bagi anda yang ingin dibantuh silahkan hubungi 085-260-482-111 mohon maaf kalau postingan pesan saya ini menggangguh anda dan apa yang saya tulis ini adalah unkapan kisah nyata dari saya PAK SULAIMAN kunjungi alamat web disini šŸ˜ƒPesugihan Putih Tanpa TumbalšŸ˜ƒ

Balas