Keutamaan Bersyukur

Allah Swt menciptakan segala sesuatu yang ada di langit maupun yang ada di bumi, Allah Maha Mengetahui setiap segala isi hati manusia. Tidak ada yang tersembunyi bagi Allah, meskipun kita berusaha untuk menutup-nutupinya.

Bersyukur adalah suatu kewajiban bagi semua makhluk Allah, karena tanpa nikmat dan kehendak Allah Swt. belum tentu kita bisa dengan tenang membaca tulisan ini tanpa gangguan atau halangan pada diri kita. Tanpa nikmat dan kehendak dari Allah Swt belum tentu kita bisa bernafas dengan lega, dan Allah memberikan itu secara cuma-cuma alias gratis. 

Coba kita perhatikan, jika saja Allah menuntut kita untuk membayar apa yang telah Allah berikan kepada kita maka pasti' tidak akan mampu untuk membayarnya meskipun hanya untuk hidup 1 hari saja. Tangan kita, kaki untuk melangkah, mata untuk kita melihat, hidung, telinga, dan masih banyak lagi yang tidak mungkin bisa disampaikan semuanya karena begitu banyaknya nikmat dari Allah Swt.

“Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan; “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (ni’mat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (ni’mat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih.”(QS. Ibrahim 14:7)

Jangan pernah mengeluh meskipun kita memiliki kekurangan baik dari segi fisik, pikiran, keahlian atau yang lainnya, tapi berpikirlah bahwa kita masih diberi kesempatan oleh Allah untuk bisa menikmati indahnya ciptaan Allah Swt. Seandainya ada orang lumpuh kakinya, cacat tanganya, bisu mulutnya, jangan pernah mengeluh, jangan pernah putus asa. 



Karena Allah masih memberikan kepadanya kesempatan untuk beramal sholeh, melakukan kebaikan-kebaikan di dunia untuk kehidupan akhirat kelak. Yakinlah, Allah pasti akan mengganti segalanya dengan yang lebih baik di kehidupan abadi jika kita mau untuk berbuat baik di dunia fana ini. Sedangkan kehidupan Akhirat merupakan kehidupan abadi, jadi siapa yang berbuat baik di dunia, maka Allah Swt akan menggantinya di akhirat kelak. 

Orang belum bisa disebut bersyukur jikalau mengatakan "Saya sudah bersyukur, tapi kok tetep banyak masalahnya". Orang seperti ini berarti dia masih mengeluh dan jauh dari kata syukur, karena orang bersyukur selalu menerima dengan sepenuh hati dan selalu bersikap positif atas apa yang terjadi pada kehidupan kita. Bukankah banyak orang yang dulunya miskin kemudian jadi kaya? Bukankah sudah banyak orang yang memiliki kecacatan namun menjadi orang sukses dan menginspirasi banyak orang?

Banyak sekali cara untuk bersyukur kepada Allah Swt. dan yang paling mudah adalah dengan mengucapkan hamdalah yang berbunyi "Alhamdulillah" -Segala Puji Bagi Allah- ini adalah cara bersyukur, dan tentunya semua orang bisa melakukannya dengan sangat mudah.

Cara untuk bersyukur kepada Allah dengan berbagai macam hal, seperti sholat dhuha, rawatib, tahajjud, dan sunnah-sunnah lainnya. Bersedekah, melakukan amal-amal sholih, 'amar ma'ruf nahi munkar juga kita niatkan untuk bersyukur kepada Allah, karena telah memberikan kepada kita semua jutaan nikmat yang tidak mungkin kita mampu untuk menghitungnya apalagi membayar dan menggantinya.

Ketika kita mengeluh karena gagal dalam tes tertentu atau menuai kegagalan, bersyukurlah. karena masih ada banyak orang yang bahkan tidak diberikan takdir lebih baik dari kita. Husnudzon (Berprasangka baik) kepada Allah adalah sesuatu yang harus kita lakukan ketika mendapatkan cobaan.

Masih ada banyak orang di luar sana yang mencari makan untuk siang hari pun sulit. Bersyukur, masih ada banyak orang di luar sana, saat ini negerinya masih terjajah oleh negara-negara dzholim, hingga mereka sulit untuk belajar, sulit untuk mendapat makanan hingga air bersihpun susah mereka dapatkan. 

Bersyukur, masih diberikan ketenangan oleh Allah Swt dalam melakukan sholat, membaca Al-Qur'an tanpa halangan, bersedekah dengan mudah, dan masih banyak lagi hal-hal positif untuk kita amalkan. Gunakanlah waktu, kesempatan dengan sebaik-baiknya, terus berharap mendapat pahala serta ridho dari-Nya, dan yang lebih penting lagi adalah, Bersyukur, karena dengan hal ini bisa membuat hati menjadi tenang dan masih lebih beruntung dibanding dengan orang yang kesulitan di luar sana.

Bersyukur bersyukur bersyukur maka kebahagiaan akan menghampiri. bersyukur bersyukur bersyukur kehidupan akhirat akan terasa nikmat, bersyukur bersyukur bersyukur, Segala hal akan teratasi dengan mudah. Bersyukur, menjadi kunci kesuksesan setiap orang.
Wallahu a'lam
Buka Komentar
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

6 komentar

Emang harus bersyukur sama Pencipta.

Nafas aja udah berkat.

Balas

Di dalam kehidupan akan menjadi tenteram apabila kita suka bersyukur dan menerimanya dengan lapang dada. Karena hanya dengan itulah manusia aan menjadi merasa lebih baik

Balas

Bersyukur membuat kita merasa tenang karena kita menerima apa yang terjadi saat ini dan orang yang bersyukur pasti tidak akan memiliki sifat pemboros

Balas

Wah sangat menginspirasi saya
Lanjut terus bang

Balas