Lakukan 5 Cara ini Untuk Mencegah Terkena Kangker Serviks. Wanita Wajib Tau!!

Lakukan 5 Cara ini Untuk Mencegah Terkena Kangker Serviks. Wanita Wajib Tau!!


Kangker serviks atau yang lebih dikenal Kangker Mulut Rahim merupakan pembunuh nomer satu di indonesia. Data dari Yayasan Kangker Indonesia, dari 40 penderita kangker serviks, 20 diantaranya meninggal dunia. Jadi tidak heran lagi jika kangker serviks ini merupakan penyakit yang paling ditakuti oleh seluruh wanita indonesia bahkan mungkin juga wanita di seluruh dunia.

Kangker serviks ini berkembang secara tidak terkontrol didaerah leher rahim wanita, kangker serviks ini kebanyakan disebabkan oleh infeksi virus HPV (Human Papiloma Virus). Bagi wanita yang mempunyai virus HPV ini didalam tubuhnya dan ditambah lagi dengan gaya hidup yang kurang sehat maka kemungkinan besar untuk terkena kangker serviks. Silahkan Baca Cara Biar Rahim Kamu Tetap Sehat.

Pepatah Mengatakan " Lebih Baik Mencegah daripada Mengobati " . Pepatah ini mengajarkan kita akan pentingnya menjaga kesehatan tubuh kita, sebab kalau sudah terkana penyakit maka untuk mengobatinya saja susah, kalaupun bisa diobatin pastinya tidak bakalan murah lagi untuk biaya pengobatannya, maka dari itu cegahlah penyakit mulai dari dini. berikut kita bahas cara mencegah agar terhindar dari kangker serviks. 

1. Rutin melakukan pemeriksaan Pap Smear

Apa itu Pap Smear??? Mungkin istilah ini masih agak asing bagi kita. Pap Smear adalah salah satu cara yang sangat baik untuk pertahanan pertama dalam hal mencegah kangker serviks. Metode screening ini berfungsi untuk mendeteksi adanya sel-sel dalam leher rahim yang bisa berpotensi untuk menjadi kangker pada nantinya.

Bagi anda yang berumur 21-30 tahun disarankan untuk melakukan pemeriksaan Pap Smear secara rutin setiap tiga Tahun sekali dan pemeriksaan ini tanpa harus disertai tes HPV, dan apabila anda sudah berumur lebih dari 30 tahun maka disarankan lima tahun sekali untuk melakukan pemeriksaan Pap Smear yang disertai dengan tes HPV. Lakukan hal ini untuk mencegah resiko kangker seviks. Ohh iya, sebelum mau melakukan Pap Smear akan lebih baik konsultasi dulu ke dokter. 

2. Mendapatkan Vaksinasi HPV

Mendapatkan Vaksinasi HPV juga penting untuk mencegah terkena kangker serviks. Apabila anda wanita atau laki-laki yang sudah berusia 9-26 tahun sangat di sarankan untuk mendapatkan vaksin HPV ini. Disarankan bagi orang dewasa yang sudah aktif secara seksual dan belum pernah melakukan vaksinasi HPV ini maka sangat disarankan untuk segera melakukan vaksinasi ini sebelum terlambat.

Tapi vaksin ini tidak menjamin anda untuk terlingdungi sepenuhnya dari penyakit kangker seviks. Tetaplah jaga gaya hidup sehat kita dan lakukan Pap Smear secara rutin mesti kita sudah divaksin.

3. Merokok

Sama dengan Postingan Sebelumnya Tentang cara Merawat rahim agar Sehat, merokok juga ada kemungkinan terkena kangker serviks, karena zat yang terkandung dalam rokok bersifat oksidatif sehingga bisa memicu tumbuhnya sel kangker dan bisa bertambah ganas. jadi dengan kita tidak merokok dapat mengurangi resiko kangker serviks.

4. Melakukan Seks yang Aman

Berbicara tentang hubungan seks yang aman, Maka menurut saya hubungan seks yang aman itu yang dilakukan oleh suami istri, karena jika dilakukan bukan suami istri kita tidak tau pasangan kita itu terinveksi virus HPV atau tidak, Jika sudah suami istri pastinya kita tau tentang kesehatan pasangan kita.

Karena menurut penelitian lebih dari 90 persen kangker serviks disebabkan terinfeksi virus HPV. Karena virus ini penyebarannya memalui hubungan yang tidak aman.

5. Menjaga Kebersihan Vagina

Selain melakuakan empat cara pencegahan di atas untuk terhindar dari kangker serviks. Ini tidak kala pentingnya yang harus dilakukan oleh kita, sebab jika kita tidak menjaga kebersihan vagina kita maka menurut saya empat cara pencegahan diatas tidaklah efektif. kita di tuntut untuk selalu menjaga kebersiha vagina kita terutama pada saat kita menstruasi dan keputihan. Caranya yaitu bersihkan dengan menggunakan cairan antiseptik kawanitaan yang mengandung Povidone Iodine. 

Tidak ada salahnya kita untuk mencegah penyakit yang tiak kita inginkan sebelum penyakit tersebut sudah bersarang ditubuh kita. Demikian artikel ini semoga Bermanfaan, dan jnganlupa share artikel ini jika merasa berguna. 



Buka Komentar
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar