Mendidik Anak Supaya Patuh Kepada Orangtua Tanpa Dipaksa

Mendidik Anak Supaya Patuh Kepada Orangtua Tanpa Dipaksa


Mendidik Anak Supaya Patuh Kepada Orangtua Tanpa Dipaksa. Kita sebagai orang tua terkadang merasa marah atau bingung ketika menghadapai anak yang tidak mendengarkan nasehat yang telah kita berikan, terkadang malah tidak mau patuh terhadap apa yang kita perintahkan hal ini membuat kita sangat jengkel.

Hal ini mungkin bukan tanpa sebab. tidak ada salahnya kita sebagai orangtua untuk intropeksi diri kita sendiri tentang pola asuh yang kita terapkan selama ini apa sudah baik dalam mendidik seorang anak. Oleh sebab itu kita sebagai orangtua wajib mendidik anak-anak kita sejak dini agar bisa menjadi anak yang dibanggakan oleh orangtua.

Pada saat ini sudah tidak zaman lagi mendidik seorang anak supaya patuh kepada orangtua dengan cara kekerasan, sebab seorang anak tersebut hanya perlu mendapatkan bimbingan serta arahan yang tepat. Cara mendidik anak-anak yang baik dan benar adalah memberikan cukup kasih sayang, pada prinsipnya mendidik seorang anak menurut teori sangatlah mudah akan tetapi faktanya tidak semua orangtua bisa melakukannya.
Berikut ini ada bebrapa tips yang bisa diterapkan kita dalam mendidik seorang anak supaya patuh kepada kita.

Baca Juga : Cara Meningkatkan Kecerdasan Anak
  • Konsisten Kepada Peratuaran yang Kita Buat
Dalam mendidik anak sebaiknya kita membuat peraturan, yang dalam hal ini kita sebagai orangtua wajib merembukkan dengan anak jangan sampai kita mengambil keputusan sendiri dalam hal Peraturan, Sebab jika kita memutuskan sendiri bisa-bisa anak kita bukan patuh terhadapa peraturan yang dibuat melainkan malah melanggaranya. Jika peraturan dirembukkan dengan anak maka untuk melanggarnya pasti memikir dua kali sebab kita sudah buat kesepakatan bersama.
  • Hindari cara Mengancam dan Menyuap
Jangan sekali-kali mendidik anak kita dengan cara mengancam ataupun menyuap. Jika kita sebagai orangtua menggunakan ancaman sdengan terus-menerus agar dia patuh terhadap kita maka suatu saat nanti anak kita akan mengacuhkanmu. Demikian juga "suap" maka akan menjadikan anak kita tidak menaatimu.
Jangan Berlebihan dalam Melarang Anak
Melarang seorang anak juga ada batasannya, jika anak yang terlalu dilarang dalam melakukan sesuatu justru akan membuat anak akan merasa dikekang dan hal ini akan membuat anak memiliki sifat yang suka memberontak. Kita sebagi orang tua harus pandai untuk mengganti kata-kata larangan yang ditujukan kepada anak kita agar dia bisa menuruti apa yang kita perintahkan.
  • Menjaga Kedekatan Antara Anak dan Orangtua
Kedekatan antara anak dan orangtua akan mempererat emosional seorang anak dengan orang tua. Jika kita jarang ngumpul dan berkomunikasi dengan anak bagaimana mungkin anak kita mau patuh dengan kita, maka dari itu kita harus tetap menjaga kedekatan kita dengan anak kita. Sehingga kita mengetahui apa kemauan dari anak kita begitupu sebaliknya anak kita juga akan memahami tentang kita. Maka tidak akan sulit untuk membuat anak kita patuh kepada kita, karena kita sudah sama-sama memahami.
  • Bedo'a
Cara yang terakhir ini yang menurut saya sangat penting, jika tanpa dibarengin dengan do'a usaha apapun akan dirasa berat untuk dilakukan. Jadi do'akan anak kita Kepada Allah agar dia bisa patuh kepada kita.

Demikian tips mendidik anak supaya patuh kepada kita tanpa harus dipaksa. Silahkan share artikel yang sangant singkat ini mudah-mudahan bermanfaat.

Baca Juga : Cara Menjadi Ayah yang Baik Untuk Keluarga
Buka Komentar
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar