Setiap Kesulitan Pasti Ada Kemudahan

Setiap Kesulitan Pasti Ada Kemudahan


"Maka sesungguhnya beserta kesulitan, ada kemudahan. Sungguh berserta kesulitan, ada kemudahan" (QS. Al-Insyiroh: 5-6)

Kesulitan merupakan hal yang pasti terjadi pada tiap - tiap manusia. Setiap orang pasti pernah merasakan rasa sulit selama menjalani hidup di dunia. Jangan merasa hanya kita yang menjalani hidup paling susah di dunia ini. Namun, berpikirlah masih banyak orang di luar sana yang jauh lebih sulit hidupnya di bandingkan kita.

Untuk menyelesaikan masalah itu tentunya Allah Swt telah menyediakan kemudahan baginya. Setiap penyakit pasti ada obatnya, begitu pepatah bilang. Nah, dalam kehidupan kita setiap orang pasti memiliki masalah, entah itu kecil ataupun besar sekalipun. Tidak ada seorang manusia yang hidup di dunia tanpa adanya masalah. Karena dengan adanya masalah, kita dituntut supaya lebih bersikap dewasa dan bijak.

Manusia pertama pun pernah mendapatkan kesulitan, yaitu Nabi Adam As yang awalnya berada di dalam surga, kemudian karena terhasut oleh godaan iblis, akhirnya Nabi Adam As. diturunkan oleh Allah Swt ke bumi karena melanggar aturan Allah Swt. Itu juga menjadi bagian dari masalah. Hingga akhirnya Nabi Adam terus berdo'a dan menyesali apa yang telah dilakukannya dan diampuni oleh Allah Swt.

Hingga Nabi terakhir, Rasulullah Muhammad Saw orang nomor 1 di dunia ketika diperintahkan oleh Allah Swt untuk berdakwah kepada kaumnya, beliau mendapatkan banyak sekali masalah, dan jika dibandingkan dengan kita mungkin tidak ada apa-apanya. Rasulullaah Saw seringkali mendapatkan ujian mulai dari hinaan, cercaan, pukulan, dilempari kotoran unta, hingga percobaan untuk pembunuhan. 

Tapi, apa yang dilakukan oleh baginda Rasulullah Saw? Beliau bersabar, selalu bersabar dalam segala ujian dari Allah Swt, dan hasilnya Rasulullah menuai hasilnya dengan gemilang, pengikut beliau hingga saat ini mencapai jutaan atau bahkan miliaran orang, subhanallah. dengan kesabaran beliau, beliau percaya atas apa yang difirmankan oleh Allah Swt "inna ma'al 'usri yusro" bersama keaulitan pasti ada kemudahan. Bukan cuma sekali, bahkan sampai Allah Swt mengulanginya sebanyak 2 kali dalam 1 surat sebagai penegasan.

Di saat kita memiliki masalah, maka kita hanya bisa memilih 3 pilihan; pertama, lari dari masalah, kedua, menghindari masalah, ketiga hadapi masalah. Tentunya solusi terbaik dan paling ampuh adalah cara ketiga, dengan menghadapi masalah disertai do'a dan pertolongan dari Allah Swt. Insya Allah, masalah apapun, akan segera terpecahkan dengan izin dan kuasa-Nya.

Baca Juga : Kumpulan Kata-kata Motivasi

Thomas Alva Edinson seorang penemu lampu yang hingga saat ini dipakai oleh setiap orang di dunia, hal ini terjadi karena dia telah berusaha dengan gigih tanpa putus asa sedikitpun, setelah 9999 kali gagal dalam percobaanya akhirnya dia berhasil menemukan benda yang kita sebut lampu, dan sangat berguna bagi kehidupan setiap orang di muka bumi ini. Bahkan dia berkata "Saya bukannya gagal. Hanya saja, telah saya temukan cara ribuan kali".

Cukuplah Allah Swt sebagai tempat mengadu dan bersandar bagi kita yang sedang memiliki masalah, bertawakkal kepada Allah, namun tetap diikuti dengan usaha yang maksimal agar solusi dapat kita raih dan lepas dari masalah itu. Berdo'alah selalu karena kita tidak bisa melakukan apapun tanpa adanya kehendak dari Sang Maha Kuasa atas segala sesuatu.

Jangan pernah iri kepada orang yang telah sukses, karena bisa jadi mereka yang lebih sukses telah mendapatkan banyak kegagalan selkaligus masalah yang banyak. Oleh karenanya setiap orang yang selalu mendapatkan masalah harus bisa berpikir positif, karena pikiran positif itulah yang akan menjadi "energi" tersendiri bagi kita semua, dan jangan pernah berputus asa, ingatlah firman Allah Swt "bersama kesulitan pasti ada kemudahan".

Kesulitan bisa menjadi motivasi tersendiri bagi diri kita. Dengan adanya kesulitan maka di saat itulah kita akan berusaha sekuat tenaga untuk bisa lepas dari beban tersebut. Kita akan terus berjuang dan berpikir bagaimana caranya supaya kita lepas dari rasa susah. Maka, ketika kita telah mencapai puncak kegigihan dalam memecahkan suatu masalah, disitulah Allah Swt memberikan kemudahan dan jalan keluar bagi kita dari masalah - masalah di dunia ini.

Buka Komentar
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar