Cara Menghilangkan Stres Akibat Lelah Bekerja Seharian

Cara Menghilangkan Stres Akibat Lelah Bekerja Seharian

Stress Akibat Lelah Bekerja
Bagi Anda yang sekarang ini sudah bekerja, Anda harus siap untuk menghadapi kesibukan terkait dengan pekerjaan yang Anda lakukan. Bekerja tentu saja akan menguras tenaga dan pikiran Anda yang bisa membuat Anda lelah bahkan menjadikan Anda stres. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh para ahli, sebagian besar orang yang telah bekerja tidak bisa bersantai karena terlalu banyak hal yang dipikirkan setiap harinya.

Sepanjang waktu bekerja seharian pasti ada waktu dimana tubuh merasa benar-benar lelah dan frustasi, meskipun tubuh sudah merasakan lelah tetapi pekerjaan harus tetap dilaksanakan dan diselesaikan mengingat hal itu merupakan suatu kewajiban bagi kita. Namun tenang saja, terdapat beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menenangkan pikiran setelah lelah bekerja. Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

1. Tenangkan Fokus Anda

Untuk menenangkan pikiran setelah lelah bekerja yakni dengan tidak memperhatikan apapun dan hanya memikirkan hal-hal yang abstrak. Para ahli matematika dari Case Western Reserve mengungkapkan bahwa menghentikan pikiran memerlukan lebih banyak energi ketimbang menghentikan truk di jalan menurun. Selain itu, menurut seorang instruktur yoga, Atul Vyas, yoga mengajarkan Anda untuk fokus pada satu titik. Namun hal tersebut justru membuat Anda menjadi tertekan. Oleh sebab itu, Anda perlu mencoba untuk tidak fokus hanya kepada satu hal saja dan rasakanlah bagaimana Anda dapat berpikir dengan tenang.

Baca Juga : Cara Ampuh Menghilangkan Sifat Lupa Dengan Mudah

2. Jangan Mengejar Kesempurnaan

Hal lain yang bisa Anda lakukan adalah jangan mengejar kesempurnaan. Ada baiknya dalam mengejar atau menginginkan sesuatu, Anda tidak terlalu menargetkannya dengan standar yang tinggi ataupun sangat sesuai dengan apa yang Anda harapkan. Atur kembali kebiasaan Anda, salah satunya yaitu dengan menyederhanakan tujuan hidup Anda. Kebiasaan negatif Anda juga bisa dihilangkan jika Anda dapat mengendalikan masalah emosional Anda.

3. Menerima Keadaan

Menerima hal apapun yang terjadi di sekitar Anda baik itu hal positif maupun hal negatif. Seperti ungkapan yang disampaikan oleh Ma Naina dari Osho Ashram, berusahalah untuk tidak melawan apa yang telah terjadi, sebab tidak ada yang bisa mengendalikan apa yang terjadi di sekitar Anda. Jika melawan maka hal tersebut hanya akan membuat Anda lelah.

4. Memanjakan Diri

Untuk menghilangkan rasa lelah setelah seharian bekerja adalah dengan cara memanjakan diri sendiri. Ada banyak cara untuk memanjkan diri sendiri diantaranya dengan melakukan apapun sesuai hobi, misalnya berenang, jalan-jalan ke mall, Dll.

Baca Juga : Cara Menjadi Ayah Yang Baik Untuk Keluarga

5. Mendengarkan Lagu

Apakah anda suka mendengarkan lagu? Jika iya, maka tida ada salahnya menenangkan fikiran anda dengan mendengarkan lagu kesukaan para sahabat sekalian. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa dengan mendengarkan musik bisa mengurangi stres dan bisa meredakan emosi serta bisa meningkatkan kreativitas.

6. Jangan Terlalu Ingin Sekali Berelaksasi


Cara terakhir ialah jangan terlalu ingin sekali berelaksasi. Apabila Anda memaksakannya, Anda bisa menjadi stress. Cobalah untuk merasakan dengan tenang mengenai segala hal yang Anda pikirkan dan jangan melawan apapun.

7. Curhat

Jika anda mempunyai masalah yang cukup berat tidak ada salahnya anda menceritakannya pada orang-orang terdekat anda, dengan harapan mereka bisa memberikan solusi atas masalah yang sedang kita hadapi saat ini.

8. Sempatkan Waktu untuk Refreshing

Saat anda sudah mengalami kejenuhan tandanya anda akan mengalami stres, sebaiknya anda meluangkan waktu untuk istirahat dan refreshing bersama keluarga atau orang-orang terdekat anda. Bila perlu ambilah cuti kerja dulu, karena jika tubuh lelah dipaksa bekerja, hasilnyapun tidak akan maksimal. Setidaknya dengan refreshing dapat membuat hati dan fikiran anda jauh lebih tenang walaupun hanya untuk sementara waktu. Orang bijak mengatakan, menjaga kejernihan fikiran dan ketenangan hati itu penting, karena segalanya yang kita lakukan tergantung suasana hati. Suasana hati sedang keruh, maka akan menghasilkan tindakan yang kurang baik, dan begitupun sebaliknya.

Baca Juga : Cara Meningkatkan Kecerdasan Otak Anak Usia Dini

Demikianlah bebeapa cara yang dapat Anda lakukan untuk menenangkan pikiran setelah lelah bekerja. Dengan mengetahui dan menerapkan cara tersebut, diharapkan Anda bisa kembali bersantai tanpa memikirkan banyak hal. Di samping itu, Anda juga perlu belajar untuk menghadapi perubahan pada rencana yang telah Anda buat dan berusahalah menjalani hidup Anda saat ini dengan perasaan senang. Semoga informasi yang telah dibahas tersebut dapat bermanfaat.
Buka Komentar
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar