Cara Menghemat Daya Baterai HandPhone Android yang Baik dan Benar

Cara Menghemat Daya Baterai HandPhone Android yang Baik dan Benar

Cara menghemat daya baterai handphone android anda dapat Anda terapkan jika suatu ketika Anda lupa membawa PowerBank sebagai tambahan daya pada saat baterai handphone Android Anda melemah.

Seperti sobat bermain game online saat keadaan sinyal tidak stabil, multi tasking dengan banyak aplikasi berjalan di latar belakang handphone.

Kebiasaan buruk ini sangat jelas dan dapat mempersingkat umur baterai HandPhone anda.

Sistem operasi berbasis Android menjadi semakin populer dikalangan pengguna gadget, karena salah satu kelebihan smartphone dengan OS Android adalah kita dapat mendownload dan menggunakan berbagai aplikasi yang berguna untuk kehidupan kita.

Dengan kelebihan tersebut banyak pengembang aplikasi yang menyempurnakan aplikasinya sehingga fitur aplikasi tersebut semakin bagus.

Baca Juga : Dampak dan Cara Memanfaatkan Globalisasi

Selain itu, smartphone dengan OS Android yang selalu terhubung dengan internet, selalu meng-update banyak sekali informasi dengan cepat.

Namun, dengan berbagai kelebihan-kelebihan tersebut, gadget Android sangat rentan dengan kondisi baterai yang cepat habis atau melemah.

Sehingga meskipun berbagai fiturnya dapat membantu kita, adakalanya fitur-fitur tersebut tidak dapat kita gunakan hanya karena daya baterai yang melemah.

Berikut ini adalah cara menghemat daya baterai Hp Android.

1. Mengalihkan Koneksi

Cara menghemat daya baterai Hp Android yang pertama adalah mengalihkan koneksi. Koneksi sinyal data 4G disetiap tempat berbeda-beda dan tidak jarang pula sinyal data 4G tidak stabil.

Sehingga Hp Android kita akan terus bekerja untuk mencari sinyal 4G terbaik. Ini menyebabkan baterai Hp Android akan terus terpakai dayanya dan akan lebih cepat habis.

Cara yang dapat Anda gunakan untuk menghemat daya baterai Hp Android adalah dengan mengalihkan koneksi sinyal data 4G dengan WiFi apabila berada dilokasi Hotspot atau tempat-tempat yang menyediakan sinyal WiFi. Ini akan membuat daya baterai Hp Android Anda lebih bertahan lama.

2. Matikan WiFi dan Bluetooth

Jika cara pertama untuk menghemat daya baterai Hp Android adalah mengalihkan koneksi 4G menjadi WiFi.

Cara menghemat daya baterai Hp Android yang berikut ini yaitu mematikan WiFi dan fitur Bluetooth.

Sebaiknya Anda mematikan koneksi WiFi jika memang tidak digunakan.

Karena sama dengan koneksi sinyal 3G, Hp Android akan selalu bekerja untuk mencari sinyal WiFi terbaik dilokasi Anda berada. Sehingga daya baterai terkuras untuk mencari sinyal.

3. Mematikan Fitur Sync

Fitur Sync berfungsi untuk meng-update berbagai pembaharuan atau notofikasi e-mail, twitter, facebook dan aplikasi lain secara live.

Hal ini juga berpengaruh terhadap daya baterai Anda karena pada saat Hp Android Anda menerima notifikasi tersebut biasanya diiringi dengan bunyi dan layar yang menyala sehingga daya baterai dapat terkuras untuk menjalankan fitur Sync ini.

Baca Juga : Dampak dan Cara Memanfaatkan Globalisasi

Cara menghemat daya baterai Hp Android yang dapat Anda gunakan adalah dengan mematikan fitur Sync tersebut.

4. Atur Brightness Layar

Mengatur kecerahan atau brightness layar adalah cara menghemat daya baterai Hp Android Anda. Aturlah kecerahan layarnya sesuai dengan kondisi mata Anda dan kondisi lingkungan Anda.

Kecerahan layar yang terang menyebabkan daya baterai lebih cepat habis sehingga Anda perlu menyesuaikannya agar daya baterai Hp Android Anda dapat bertahan lebih lama.

5. Matikan Fitur GPS

Fitur GPS atau Global Positioning System adalah salah satu sistem atau aplikasi  yang akan membantu kita untuk mengetahui posisi kita berada saat ini.

GPS bekerja dengan mengirimkan sinyal dari satelit ke perangkat GPS di Hp Android Anda sehingga posisi Hp Android pada Anda dapat terlacak.

Fitur GPS ini sangat berguna bagi Anda yang bekerja sebagai kurir atau untuk mencari lokasi di tempat atau wilayah yang belum Anda kenal.

Namun, Penggunaan fitur GPS ini membutuhkan daya baterai yang cukup besar sehingga cara menghemat daya baterai HP Android yang dapat Anda lakukan adalah mematikan fitur GPS apabila tidak digunakan.

6. Gunakan Aplikasi Baterai Saver atau Task Manager

Aplikasi Task Manager atau Baterai Saver berfungsi untuk mematikan berbagai aplikasi yang sedang terbuka namun tidak dipakai.

Baca Juga : Dampak dan Cara Memanfaatkan Globalisasi

Karena kemampuan multi-tasking Hp Android yang sangat canggih, terkadang kita lupa untuk menutup terlebih dahulu aplikasi yang telah kita gunakan.

7. Pengaturan Volume dan Getar

Yang terakhir Cara Menghemat Daya Baterai Hp Android ada dengan cara pengaturan volume dan getar (vibrate) dapat menghemat daya baterai.

Ini tidak hanya berlaku pada Hp dengan basis OS Android tetapi juga pada gadget atau Hp pada umumnya. Aturlah suara profile dan getar di Hp anda sesuai dengan kebutuhan karena itulah cara menghemat daya baterai Hp Android Anda.

Itulah beberapa cara menghemat daya baterai Hp Android yang dapat Anda pergunakan.

Pilihlah Smartphone dengan kapasitas baterai yang cukup besar atau Anda dapat menambahkan perangkat tambahan berupa PowerBank untuk tambahan daya baterai pada saat daya baterai Smartphone atau Hp Android Anda melemah. Semoga bermanfaat.
Buka Komentar
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar