Cara Menulis Laporan yang Baik dan Benar Setelah Program Magang

Cara Menulis Laporan yang Baik dan Benar Setelah Program Magang

Membuat Laporan Magang
Magang merupakan salah satu kegiatan yang menjadi kewajiban para mahasiswa tingkat akhir. Dimana mereka mencari pengalaman kerja dengan langsung ke instansi-instansi maupun ke lembaga-lembaga tertentu, dengan diadakan program magang diharapkan dapat mencetak mahasiswa yang mampu bersaing didunia kerja.

Adapun tujuan dari program magang tersebut yaitu untuk memperoleh manfaat yang lebih banyak bagi semua pihak, baik kepada lembaga maupun kepada mahasiswanya itu sendiri. Bagi mahasiswa dengan adanya program magang selain mengimplementasikan teori yang di peroleh selama di bangku kuliah juga bisa menambah pengalaman mengenai keadaan yang sesungguhnya untuk mempersiapkan diri dalam memasuki dunia kerja.

Setelah melakukan program magang mahasiswa diberikan tugas untuk membuat laporan selama mengikuti program magang, karena tanpa ada laporan maka bukan tidak mungkin kita dianggap tidak mengikuti program magang karena tidak ada data dan bukti bahwa kita sudah selesai mengikuti program magang.

Baca Juga : Perguruan Tinggi Terbaik di Indonesia

Dengan membuat laopran kita bisa berbagi pengalaman selama magang dan ada juga bisa menjadi suatu syarat kelulusan proses magang, berikut ini beberapa cara agar laporan magang yang kita buat baik dan benar.

1. Membuat Halaman Judul Magang

Dalam membuat halaman judul hal yang pertama dilakukan yaitu memberikan nomer halaman pada setiap lembar laporan, karena dengan memberikan nomer halaman pada setiap lembar laporan akan mempermudah para pembaca untuk melihat laporan kita melalui daftar isi.

Setelah nomer halaman sudah tertera semua jangan lupa kita harus membuat halaman sampul juga karena pada halaman sampul ini pembaca bisa tau Judul Apa dan Dimana tempat sobat magang. Biar jadi refrensi bagi pembaca.

Hal selanjutnya yaitu menuliskan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung dan memberikan semangat kepada sobat selama mengikuti program magang.

Dan Yang terakhir dalam menyusun atau membuat halaman judul yaitu membuat Abstrak selama sobat melakukan atau mengikuti program magang. Abstrak merupakan gambaran singkat tentang tugas sobat, sampai pengalaman singkat sobat sealian selam magang.

2. Membuat Badan Laopran Magang

Cara menulis laporan magang selanjutnya yaitu membuat Badan Laporan Magang setelah tadi sudah membahas tentang cara membuat halaman judul. Dalam Badan laporan magang ini yang pertama kita harus memberikan judul pada tiap Bab laporan kita.

Selanjutnya yaitu Buatlah pendahuan tentang fakta tempat sobat magang, disini sobat bisa menceritakan tentang tempat magang mulai dari bagaimana perusahaan beroprasi dan jumlah karyawan, Dll.

Baca Juga : Universitas Terbaik Turki

Setalah kita membuat pendahuan tentang tempat magang selanjutnya sobat mendiskripsikan apa saja tugas dan tanggung dari sobat selama magang di perusahaan tersebut. Mulailah Bediskusi tentang tugas dan tanggung jawab sobat selam magang setelah itu baru ke hasil selama magang.

3. Menulis Dengan Teknik yang Baik

Dalam membuat laporan yang baik setidaknya mempunyai sepuluh lembar halaman. Syarat jumlah halaman mungkin bervariasi tergantung pada program magang di setiap fakultas, pastikan sobat memiliki cukup tempat untuk menjelaskan pengalaman secara mendetail akan tetapi jangan sampai keluar topik.

Gunakanlah nada yang objektif di semua bagian laporan karena laporan sobat merupakan materi akademis, maka sobat harus membuat seperti materi akademis jangan sampai tulisan sobat terdengar terlalu kritis.

Tunjukkan pengalaman sobat dengan cara memberi contoh untuk topik yang sobat bahas, dengan memberikan contoh yang konkret maka akan membuat para pembaca mempu membayangkan pengalaman sobat selama mengikuti program magang.

Setelah menulis laporan dan sudah membahas semuanya maka hal yang perlu diperhatikan lagi yaitu membaca kembali laporan yang telah kita tulis takutnya ada kalimat-kalimat yang tidak koheran dan perhatikan pengalaman sobat di dalam laporan usahakan isi laporan harus mengalir, objektif dan jelas bagi pembaca.

Baca Juga : Contoh Bisnis Modal Kecil Bagi Mahasiswa

Demikian ulasan sedikit tantang Cara Menulis laporan yang Baik dan Benar Setelah Program Magang yang bisa admin tulis, semoga dengan informasi yang sedikit minim ini bisa membatu para sobat semua dalam menulis laoporan agar terlihat profesional. Dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya. 
Buka Komentar
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar