Penyebab Bayi Menangis dan Gelisah

Penyebab Bayi Menangis dan Gelisah

Penyebab bayi menangis dan gelisah dapat dipicu oleh beberapa hal dibawah ini. Bayi pada umumnya menangis untuk menunjukan bahwa dia merasa tidak nyaman atau menginginkan sesuatu seperti mengganti popok yang basah atau ASI. Namun, kebanyakan orang tua, apalagi yang baru memiliki anak pertama mungkin masih belum mengerti apa yang harus dilakukan apabila si bayi menangis.

Penyebab bayi menangis di malam hari atau bayi merasa gelisah dan tidak mau tidur dapat dipicu karena beberapa hal, dimulai dari faktor ringan seperti selimut yang dikenakan bayi terlalu panas sehingga bayi merasa gerah hingga faktor lain seperti gangguan kondisi kesehatan bayi anda.
Berikut ini adalah penyebab bayi menangis dan gelisah sehingga membuatnya tidak nyaman :
Lapar

Bagi orang dewasa atau anak-anak, saat kondisi lapar mungkin dengan mudah secara mandiri mengambil makanan untuk dimakan. Tetapi hal tersebut tidak mungkin dilakukan seorang bayi karena keterbatasan indra yang belum terlatih sehingga bayi hanya dapat menangis untuk menunjukan bahwa dia lapar. Kondisi awal saat bayi lapar adalah bayi gelisah dan biasanya diikuti dengan gerakan mulut bayi yang seringkali membuka dan menutup mulutnya, terkadang bayi Anda menghisap jari-jarinya sendiri.

Baca Juga : Cara Menjadi Ayah yang Baik Untuk Keluarga

Untuk meyakinkan Anda bahwa bayi Anda lapar adalah, cobalah meletakan jari Anda di atas bibir bayi. Jika bayi mengikuti gerakan jari Anda, dapat dipastikan bayi Anda lapar. Sehingga, segeralah untuk memberikan ASI atau makanan pendamping ASI untuk menghentikan tangisan bayi Anda.

Perubahan Suhu

Lapar adalah penyebab bayi menangis dan gelisah yang paling mudah ditebak. Penyebab bayi menangis dan gelisah yang berikutnya yaitu karena perubahan suhu atau cuaca. Suhu tubuh sangat mempengaruhi kondisi bayi karena bayi belum bisa dengan cepat beradaptasi menyesuaikan suhu tubuh, sehingga perubahan suhu tubuh seringkali membuatnya gelisah, menangis dan rewel.

Kondisi terlalu panas akan memmbuat bayi Anda gerah dan tidak nyaman. Solusi yang dapat Anda lakukan adalah dengan melepas selimut atau pakaian yang membuatnya tidak nyaman dan mengganti pakaian berbahan katun yang mudah menyerap keringat. Berikan ruang ventilasi pakaian yang cukup sehingga membuatnya nyaman.

Sedangkan apabila bayi Anda kedinginan ciri-ciri yaitu bayi anda menggigil dan bayi anda lebih banyak diam atau kulit bayi anda akan nampak seperti kemerahan atau lebih putih pucat. Solusinya yaitu memberikan penghangat bisa dengan lampu biasa atau dengan memberikannya selimut bayi.

Lelah

Penyebab bayi menangis dan gelisah selanjutnya yaitu karena kelelahan. Bayi Anda yang seharian bermain juga akan mengalami kelelahan. Tanda bayi yang kelelahan yaitu sering menguap dan mengusap matanya. Selanjutnya biasanya disertai dengan suara suara rewel dengan mata tertutup. Solusi untuk mengatasi bayi menangis dan rewel karena kelelahan adalah anda dapat membawa bayi Anda menghindari kebisingan atau membawanya ke tempat tidur dan menimangnya sampai bayi Anda tertidur.

Mengalami Gangguan Kesehatan

Penyebab bayi menangis dan gelisah yang sangat perlu Anda perhatikan adalah karena gangguan kesehatan. Salah satu gangguan kesehatan yang sering dialami oleh bayi yaitu diantaranya adalah perut kembung, Flu dan demam.

Baca Juga : Cara Ampuh Mengobati Flu Secara Alami

Masing-masing gangguan kesehatan yang dialami bayi memiliki ciri yang berbeda. Tetapi ada persamaan apabila bayi Anda menangis dan rewel karena gangguan kesehatan yaitu adanya perubahan suhu yang cepat, kondisi yang cepat lelah dan menangis kesakitan serta rewel.

Tumbuh Gigi

Pada bayi yang sedang mengalami tumbuh gigi, akan membuat suhu tubuhnya berubah disertai dengan gusi yang merah dan serta selera makan bayi Anda menjadi berkurang. Anda dapat memberikan mainan gigit yang aman atau bisa juga makanan pendamping ASI yang lumat dan dapat merangsang pertumbuhan gigi menjadi bagus.

Itulah beberapa penyebab bayi menangis dan gelisah dan beberapa solusi yang dapat Anda gunakan untuk meredakan tangisan. Apabila bayi Anda menangis dan gelisah disertai rewel yang terus menerus karena gangguan kesehatan, Anda dapat memeriksakan ke dokter atau bidan terdekat dengan Anda.
Buka Komentar
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar